Los Angeles (ANTARA News) - Lebih dari 56 juta rakyat Amerika Serikat menyaksikan pidato Presiden Barack Obama mengenai kematian Osama bin Laden di televisi, menurut data rating, Selasa.

Sekalipun pidato dilakukan pada Minggu malam --tak lama sebelum tengah malam di Pantai Timur AS-- dan pemberitahuan singkat diberikan sebelum pidato, pidato Obama menarik lebih banyak penonton dua pidato kenegaraannya sebelumnya.

Sekitar 56,5 juta rakyat Amerika orang menyaksikan televisi untuk mendengarnya mengumumkan bahwa pasukan AS telah membunuh pemimpin Al Qaeda di Pakistan, hampir 10 tahun setelah serangan 11 September 2001, di New York dan Washington, menurut pernyataan Nielsen.

Angka itu lebih dari dua kali lipat dari 25,6 juta orang yang menyaksikan pidato Obama pada Maret lalu untuk membenarkan alasan Amerika Serikat melakukan serangan ke Libya.

Pidato kenegaraannya yang pertama pada Januari 2010, disaksikan 48 juta pemirsa, jumlah itu turun 11 persen tahun ini.

Sebagai perbandingan, "American Idol" --yang merupakan program hiburan dengan rating tertinggi di televisi AS-- saat ini menarik minat 25 juta orang setiap episodenya.

Pidato Obama, disiarkan langsung di sembilan jaringan televisi AS, membuat ribuan orang turun ke jalan-jalan di depan Gedung Putih, di lokasi serangan 11 September dan Times Square, untuk bersuka cita, demikian Reuters melaporkan. (G003/B002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011