Memang benar. Saya menikmati balapan di sini. Berbeda dengan dulu. Lintasan dan kendaraan yang saya gunakan juga berbeda
Simalungun, Sumut (ANTARA) - Pebalap senior Ricardo Gelael mengaku menikmati debutnya kembali pada balapan di lintasan gravel yang telah ia tinggalkan sejak 2009 di Danau Toba Rally 2021, meski sebelumnya sempat merasakan kegiatan sama di lintasan aspal pada 2019.

"Memang benar. Saya menikmati balapan di sini. Berbeda dengan dulu. Lintasan dan kendaraan yang saya gunakan juga berbeda," kata Ricardo Gelael di sela "shakedown" atau uji coba lintasan Danau Toba Rally 2021 di perkebunan PT Toba Pulp Lestari, Aek Naoli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat.

Pada balapan tersebut, bos Team Jagonya Ayam yang berpasangan dengan navigator senior Anthony Sarwono ini memang terlihat cukup tenang meski lama tidak turun ke lintasan gravel. Adaptasi dengan Citroen C3 R5 juga membutuhkan proses yang panjang mengingat kendaraan tersebut berspek WRC.

Baca juga: Ricardo Gelael turun gunung di Danau Toba Rally 2021

"Responsif banget (Citroen). Saya terus berusaha menyesuaikan. Cukup bagus meski lintasan cukup licin. Belum tau besok. Bisa-bisa main di lumpur," katanya dengan tersenyum.

Meski lama tidak balapan, Ricardo Gelael tetap mampu membukukan catatan waktu cukup bagus pada "shakedown". Juara nasional reli 2006 ini berada di posisi tiga di bawah Sean Gelael dan Nuno Pinto dengan catatan waktu 1:53,3.

Sambutan positif juga disampaikan sang navigator Anthony Sarwono. Menurut dia, sebagai pebalap senior apa yang dilakukan oleh tandemnya cukup bagus. Apalagi kendaraan yang digunakan sangat mumpuni.

"Cukup bagus. Untuk lintasan cukup licin karena habis hujan. Tapi belum tau besok," katanya saat dikonfirmasi.

Pada Danau Toba Rally 2021, Ricardo Gelael menggunakan kendaraan yang sama dengan sang anak, Sean Gelael. Hanya saja ada sedikit penyesuaian karakter sesuai dengan kebutuhan.

Khusus untuk balapan sendiri, suami dari Rini Gelael ini hanya mengikuti satu putaran saja. Sedangkan untuk putaran kedua, Minggu (12/12) digantikan pebalap Portugal, Nuno Pinto yang berpasangan dengan JJ Pereira.

Baca juga: Sean Gelael tercepat pada "shakedown" Danau Toba Rally 2021
Baca juga: Pebalap Danau Toba Rally 2021 mulai lakukan pengenalan lintasan
Baca juga: Sean Gelael gandeng navigator asal Portugal di Danau Toba Rally 2021

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021