Hindari hal-hal yang dapat merusak citra TNI AD, satuan, dan diri sendiri.
Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono selaku Pangkogasgab Papua melepas kepulangan tiga satuan tugas TNI perbatasan RI-PNG, di antaranya Yonif 131/BRS, Yonmek 403/WP, dan Yonmek 512/QY, Senin.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS, Yonmek 403/WP, dan Yonmek 512/QY atas segala darma bakti yang telah diberikan selama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di daerah perbatasan.

Pangdam mengatakan, penugasan yang telah dilaksanakan merupakan bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara yang tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan tersebut.

”Oleh karena itu, prajurit patut bersyukur dan bangga atas amanah yang telah dipercayakan. Di samping itu penugasan ini juga digunakan untuk berinteraksi dan membantu secara langsung kepada masyarakat serta untuk mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dan PNG,” kata Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Pangdam XVII/Cenderawasih mengingatkan, dengan keberhasilan penugasan yang telah dilaksanakan tidak membuat para prajurit cepat puas diri, namun hal tersebut dapat dijadikan sebagai pemacu semangat dan motivasi untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi.

”Pengalaman selama penugasan di daerah perbatasan diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman para prajurit dalam menghadapi tugas-tugas lainnya di masa mendatang," ujar Pangdam pula.

Selain itu dalam perjalanan kembali ke satuan,,menurut Pangdam, harus tetap mengutamakan faktor keamanan, kesehatan dengan tetap memedomani protokol kesehatan, meskipun penyebaran COVID-19 sudah menurun.

"Hindari hal-hal yang dapat merusak citra TNI AD, satuan, dan diri sendiri,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Pangdam Cenderawasih mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran dan keberhasilan penugasan Satgas Pamtas RI-PNG.

"Kiranya dukungan dan kerja sama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap satuan yang melaksanakan tugas di Bumi Cenderawasih," kata Pangdam XVII/Cenderawasih itu pula.
Baca juga: Satgas TNI bantu persalinan warga perbatasan di hutan Papua
Baca juga: Satgas TNI Yonif 403 layani kesehatan ke rumah warga perbatasan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021