Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memperkuat kinerja dalam mendukung agenda pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional.

"Secara khusus, saya berharap KPPU dapat turut mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat agenda kerjanya ke depan," kata Wapres saat menghadiri acara Penganugerahan KPPU Award Tahun 2021 di Jakarta, Selasa.

Wapres menyebutkan dua hal yang dapat dilakukan KPPU untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional tersebut, yakni memperkuat pengawasan dan memperluas jaringan kerja sama.

Baca juga: Wapres: KPPU hadir untuk perbaiki iklim usaha dan pelayanan publik

"Memperkuat aspek pengawasan di seluruh sektor. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah persaingan usaha di sektor digital," katanya.

Industri digital yang kini berkembang pesat dapat menjadi potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, katanya.

Wapres berharap pengembangan ekonomi digital dapat dijalankan dan dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh daerah.

Baca juga: Wapres minta KPPU dorong kemitraan agar UMKM tidak "stunting"

"Saya ingin agar buah (hasil) ekonomi digital dinikmati juga oleh masyarakat dan pelaku UMKM, tidak hanya dinikmati pengusaha besar atau pengusaha global saja," jelasnya.

Selain itu, Wapres meminta KPPU memperluas kerja sama dengan menggandeng perguruan tinggi, kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian (K/L), pemerintah daerah, dan organisasi nonpemerintah.

"Langkah ini penting, mengingat persoalan dunia usaha semakin kompleks, membutuhkan kepastian hukum, dan tata kelola pengawasan yang dapat diandalkan," ujarnya.

Baca juga: Wapres: Masa depan generasi bangsa tergantung kolaborasi multisektor

Terkait pengembangan ekonomi digital, Wapres meminta KPPU untuk memberikan literasi kepada para pelaku usaha, khususnya di sektor keterampilan teknologi, produksi, pengolahan, pemasaran, permodalan, dan sumber daya manusia (SDM).

Dalam acara tersebut, Wapres menyaksikan pula penyerahan anugerah dari KPPU kepada para pemenang di beberapa kategori, baik kategori persaingan usaha tingkat daerah, kategori kemitraan tingkat daerah, maupun kategori tingkat pusat.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021