Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Kemenhub, untuk menjalin pola kemitraan yang lebih baik lagi kedepannya, dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan kembali meraih penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kategori Kemitraan Madya, karena dinilai telah menjalankan prinsip pola kemitraan yang baik dengan para pelaku UMKM dalam pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima penghargaan dari KPPU, yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta pada Selasa.

“Ini merupakan kali kedua kami meraih penghargaan dari KPPU. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Kemenhub, untuk menjalin pola kemitraan yang lebih baik lagi kedepannya, dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat,” kata Budi Karya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Budi Karya menyampaikan terima kasih kepada KPPU, yang selama ini telah memonitor dan mengawasi pelaksanaan kebijakan persaingan usaha di sektor transportasi, yang diharapkan dapat memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat, serta mampu menumbuhkan kebangkitan usaha UMKM yang berdaya saing tinggi dan mampu bersaing di pasar global.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPPU Guntur S. Saragih menjelaskan hasil penilaian indeks persaingan usaha Indonesia mengalami peningkatan dari angka 4,65 pada tahun 2020, menjadi 4,81 pada tahun 2021 dari skala minimal 7.

Peningkatan indeks persaingan usaha tersebut dinilai positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia, terlebih pada masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Pada acara KPPU Award 2021, KPPU memberikan penghargaan dengan dua kategori yaitu kategori Persaingan Usaha dan Kemitraan bagi 11 kementerian dan 9 Pemerintah Provinsi yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan kebijakan persaingan dan pelaksanaan Kemitraan dengan UMKM.

Baca juga: Menhub: Pastikan semua program beri kemanfaatan pada masyarakat
Baca juga: Kemenhub ingatkan sektor penerbangan soal cuaca ekstrem
Baca juga: Menhub instruksikan jaga kelancaran arus penumpang dengan prokes ketat

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021