Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa informasi ekonomi menarik yang disiarkan pada Rabu (15/12), mulai dari RI surplus perdagangan 3,51 miliar dolar AS pada November 2021 sampai Merah Putih Fund akan fokus danai startup soonicorn.

Berikut lima berita pilihan ANTARA di sektor perekonomian yang menarik untuk kembali dibaca pada pagi hari ini:

1. BPS: RI surplus perdagangan 3,51 miliar dolar AS pada November 2021

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada bulan November 2021 mengalami surplus sebesar 3,51 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 22,84 miliar dolar AS dan impor 19,33 miliar dolar AS.

Simak berita selengkapnya di sini

2. DPR setujui tambahan PMN 2021 dan alokasi 2022 ke 11 BUMN dan lembaga

Komisi XI DPR dalam rapat kerja bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Rabu, menyetujui penambahan penyertaan modal negara (PMN) tahun 2021 dan alokasi tahun 2022 untuk 11 badan usaha milik negara (BUMN) dan lembaga.

Simak berita selengkapnya di sini

 

3. KKP: 70 persen tangkapan ikan tuna Indonesia dari nelayan kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan bahwa sebanyak 70 persen dari tangkapan ikan tuna di Indonesia berasal dari nelayan kecil dengan menggunakan alat tangkap ikan yang sederhana dan ramah lingkungan.

Simak berita selengkapnya di sini

 

4. Menhub apresiasi komitmen Jepang untuk Car Terminal Pelabuhan Patimban

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi komitmen dari Jepang untuk merealisasikan beroperasinya Car Terminal, dalam upaya mengoptimalkan pengoperasian Pelabuhan Patimban.

Simak berita selengkapnya di sini

5. Erick Thohir: Merah Putih Fund akan fokus danai startup soonicorn


Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Merah Putih Fund akan memfokuskan pendanaan kepada soonicorn (soon to be unicorn) atau startup yang belum menjadi unicorn.

Simak berita selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021