bentuk apresiasi kepada seluruh perangkat Pemprov DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU ) Award 2021 akan memacu upaya mendorong persaingan usaha sehat dari setiap kebijakan ekonomi di Ibu Kota.

"KPPU Award 2021 ini adalah bentuk apresiasi kepada seluruh perangkat Pemprov DKI Jakarta dalam bidang persaingan usaha dan pelaksanaan kemitraan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah)," kata Riza Patria dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Riza menambahkan penilaian Indeks Persaingan Usaha (Competition Index) oleh Center for Economics and Development Studies Universitas Padjadjaran (CEDS UNPAD) dan KPPU melalui tujuh dimensi, yakni struktur, perilaku, kinerja, permintaan, pasokan, kelembagaan dan regulasi.

Ia juga mengharapkan penghargaan dari KPPU itu akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha UMKM di Jakarta.

Baca juga: Pasar Jakpreneur digelar di Kota Tua

Untuk perkembangan UMKM, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Pergub itu kemudian disempurnakan dengan Pergub Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau program Jakpreneur.

Hingga 7 Desember 2021, jumlah anggota Jakpreneur sebanyak 287.703 atau sudah melampaui target sebanyak 200.000 anggota.

Ia menyakini seluruh anggota Jakprenuer mengamalkan prinsip persaingan yang sehat antara pelaku pasar dalam menjalankan kegiatan ekonomi berdasarkan cara yang jujur/tidak melawan hukum dan tidak menghambat persaingan usaha.

Baca juga: Wagub Riza dukung Kadin DKI bangkitkan UMKM

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan KPPU Award 2021.

Penghargaan ini secara simbolis diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan diterima Riza Patria pada Selasa (14/12), sebagai bagian Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan.

"Terima kasih kepada Wakil Presiden RI, Bapak Ma'ruf Amin yang menyerahkan langsung penghargaan ini dan terima kasih untuk KPPU. Suatu kehormatan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menerima KPPU Award 2021," imbuh Riza.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021