Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari petugas kebersihan di Wisma Atlet terkonfirmasi positif varian Omicron hingga penyebab tingginya angka stunting di Indonesia.

Berikut rangkuman berita pada Kamis:

1. Seorang petugas kebersihan Wisma Atlet terkonfirmasi varian Omicron

Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular varian baru COVID-19 Omicron.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis siang.

2. Belasan rumah warga di Jember rusak akibat gempa bumi

Belasan rumah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 5,1 pada Kamis pukul 06.01 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update bermagnitudo 5,0 dengan episenter pada koordinat 8,55 derajat LS ; 113,48 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah barat daya Kota Jember pada kedalaman 26 kilometer.

"Beberapa rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, namun kami terus melakukan pendataan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo saat dihubungi per telepon di Jember.

3. Dokter paparkan tiga "senjata" hadapi varian baru COVID-19 Omicron

Dokter spesialis penyakit dalam yang juga vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD memaparkan ada tiga "senjata" yang harus dipersiapkan untuk menghadapi varian baru COVID-19, Omicron.

"Pertama, menjaga daya tahan tubuh dengan olahraga rutin, makan teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Kedua, menerapkan protokol kesehatan 5M dan ketiga perlindungan ekstra dengan vaksinasi lengkap," kata Dirga di Padang, Rabu, pada webinar series dengan tema Waspada Varian Baru COVID-19 digelar PT Semen Padang.

4. Menkes imbau masyarakat sikapi Omicron dengan waspada dan taat prokes

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk menyikapi temuan kasus varian baru COVID-19 Omicron dengan kewaspadaan dan patuh terhadap protokol kesehatan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Yang terpenting menjaga kewaspadaan dengan patuh pada protokol kesehatan. Terutama memakai masker dan menjaga jarak. Jangan berkerumun di tempat ramai," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis siang.

5. BRIN: "Triple burden" jadi penyebab tingginya stunting di Indonesia

Plt Kepala Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dadan M. Nurjaman mengatakan Triple Burden of Disease (tiga beban masalah gizi) menjadi salah satu penyebab tingginya angka anak lahir kerdil (stunting) di Indonesia.

“Kondisi triple burden di Indonesia, satu memang masih terdapat kekurangan gizi terutama balita. Kedua pada orang dewasa terjadi kegemukan, ada pula kekurangan gizi mikro yang menyebabkan anemia. Itu yang bisa menyebabkan stunting,” kata Dadan dalam Talkshow “Penguatan Kerja Sama BKKBN-Kemenag-BRIN dalam Pencegahan Stunting dari Hulu Bagi Calon Pengantin” yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021