Jakarta (ANTARA) - Ganda putri asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan lolos dari tekanan di gim kedua babak perempat final Kejuaraan Dunia BWF 2021 di Spanyol, Jumat, untuk mengamankan posisinya ke babak empat besar.

Sempat tertinggal dan diperkirakan memainkan rubber game saat kontra Nami Matsuyama/Chiharu Shida, unggulan teratas ini bisa membalikkan keadaan dan mengemas kemenangan dua gim langsung 21-13, 21-17.

Permainan gim pertama berlangsung ramai oleh kedua pasangan yang menyajikan adu reli dan drive cepat sebagai upaya mencetak poin.

Kedua pasangan dituntut bermain teliti dan cekatan dalam proses ini agar tidak melakukan kesalahan pukulan yang merugikan. Poin pun kejar-mengejar satu sama lain.

Baca juga: Unggulan teratas Tzu Ying melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia BWF
Baca juga: Dejan/Serena kandas di babak kedua dikalahkan ganda campuran Jerman


Sempat unggul 2-0, Chen/Jia tersusul empat poin beruntun menjadi 4-2. Meski begitu, unggulan teratas ini bisa kembali memegang kendali permainan walau dalam prosesnya sempat terkejar beberapa kali.

Matsuyama/Shida yang tertinggal sempat menyamakan skor pada 6-6, 9-9, dan terakhir 11-11. Namun setelahnya Matsuyama/Shida hanya bisa menambah dua poin sebelum gim pembuka berakhir dengan 21-13.

Kontes menegangkan terjadi di gim kedua, dimana Matsuyama/Shida yang sudah unggul jauh atas Chen/Jia justru bisa dikalahkan.

Pasangan unggulan ketujuh asal Jepang ini langsung membuka serangan bertubi-tubi pada lawannya hingga sukses mengamankan dominasi 8-3.

Chen/Jia tetap berusaha mengejar secara ulet, menandakan mereka enggan memainkan rubber game di babak ini. Jerih payah mereka membuahkan hasil saat tertinggal 9-16.

Tak diduga permainan Matsuyama/Shida memburuk dan melakukan banyak kesalahan yang tak perlu. Dari sini, Chen/Jia pun mengoleksi lima poin beruntun menjadi 14-16, lalu menambah lagi tujuh poin beruntun hingga gim usai.

Pada skor 16-17, Jepang yang masih unggul satu poin terpaksa menelan pil pahit saat Matsuyama menciptakan kesalahan fatal saat pengembaliannya membentur net.

Eror ini memberikan peluang bagi China menyamakan kedudukan. Kesempatan ini pun dipakai Chen/Jia untuk memberikan tekanan lewat inisiatif servisnya.

Alhasil Chen/Jia kembali memberikan tekanan yang tak bisa dibendung hingga gim usai dengan skor 21-17. Kesalahan yang dibuat Matsuyama/Shida terbukti menjadi bumerang dan membuat mereka gagal keluar dari babak delapan besar.

Pada babak semifinal, Chen/Jia akan kembali bertemu wakil Jepang yaitu unggulan keempat Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, demikian catatan BWF menyebutkan di laman resminya.

Baca juga: Kean Yew singkirkan Axelsen di babak pertama Kejuaraan Dunia
Baca juga: Menpora dukung keputusan PBSI mundur dari Kejuaraan Dunia BWF

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021