Jakarta (ANTARA) - Dua gol Irfan Jaya membawa tim nasional Indonesia mengungguli Malaysia dengan skor 2-1 pada babak pertama laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu malam.

Indonesia tertinggal terlebih dahulu setelah Malaysia melesakkan gol via sepakan Kogileswaran Raj.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tampil menyerang dan menekan lawan sejak menit pertama

Mengandalkan pemain menyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia kerap kali membuat Malaysia kesulitan pada 10 menit pertama. Bek Pratama Arhan bahkan sudah membuat percobaan ke gawang pada menit kedua.

Namun, justru Malaysia yang membuka skor lewat tendangan Kogileswaran Raj dari luar kotak penalti, tepatnya menit ke-13. Kogileswaran memanfaatkan kesalahan umpan yang dibuat Irfan Jaya.

Tertinggal satu gol, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terus menggempur pertahanan Malaysia.

Hasilnya, pada menit ke-36, Irfan Jaya membayar kekeliruan yang dibuatnya dengan melesakkan gol setelah mengonversi operan tarik Witan Sulaeman.

Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit kemudian. Gol ini berawal dari pergerakan Pratama Arhan di dalam kotak penalti Malaysia. Arhan mengirimkan umpan ke depan gawang, membentur pemain Malaysia dan bola liar disambar Irfan.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Berdasarkan catatan AFF, Indonesia membuat 15 kali percobaan ke gawang Malaysia yang lima di antaranya tepat sasaran. Malaysia hanya bisa menciptakan dua tembakan dan satu mengarah ke gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas Malaysia: Khairul Fahmi Che Mat-pg, Dion Cools, Muhammad Syahmi bin Safari, Putera Nadher Maderner, Baddrol bin Bakhtiar (kapten), Muhammad Safawi bin Rasid, Arif Aiman bin Hanapi, Kogileswaran Raj, Mohd. Gazali, Muhammad Syafiq bin Ahmad, Mohamad Faisal bin Abdul Halim.

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian.


Baca juga: Evan-Elkan cadangan, Alfeandra-Fachruddin tampil kontra Malaysia
Baca juga: Tenang, Garuda, tenang!

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021