Jakarta (ANTARA) - Ketua penyelenggara Australian Open Craig Tiley optimistis Rafa Nadal akan berada di Melbourne Park untuk Grand Slam bulan depan meskipun dinyatakan positif COVID-19, namun dia masih tidak yakin Novak Djokovic akan berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Nadal dinyatakan positif COVID-19 setelah bermain dalam turnamen ekshibisi di Abu Dhabi pekan lalu dan mengatakan dia akan membuat keputusan mengenai turnamen Grand Slam tersebut tergantung pada kondisi tubuhnya dalam beberapa pekan ke depan.

"Saya yakin Rafa akan berada di sini," kata Tiley mengenai kehadiran juara 20 kali Grand Slam itu di Melbourne Park, seperti dikutip dari Reuters, Rabu.

"Pemain yang dites positif sekarang akan menyelesaikan periode waktu hingga mereka tidak lagi menular dan mereka akan baik-baik saja. Jika Anda akan dites positif dan Anda ingin bermain di Australian Open, waktu Anda adalah sekarang."

Tiley menegaskan bahwa semua pemain dan staf di Australian Open akan divaksin atau mendapat pengecualian medis yang diberikan oleh panel ahli independen.

Baca juga: Nadal positif COVID-19 setelah "comeback" di Abu Dhabi 

Persyaratan itu telah menahan Djokovic, yang menolak untuk mengungkapkan jika dia telah divaksin dengan alasan privasi, untuk mengonfirmasi apakah dia akan merebut gelar Grand Slam ke-21 dan mahkota Australian Open ke-10 bulan depan. 

Tiley mengatakan sejauh yang dia ketahui, belum ada pemain yang diberikan pengecualian medis, dan Djokovic akan mengungkapkan alasannya masuk ke Australia.

"Jika Novak muncul di Australian Open, dia akan divaksinasi atau dia akan mendapat pengecualian medis," ujar Tiley.

"Secara medis, dia tidak membicarakannya dengan siapa pun. Saya tidak akan menanyakan itu kepada Novak, itu bukan urusan saya. 

"Saya akan tahu bahwa (dia memenuhi) salah satu syarat itu," tambahnya. 

Baca juga: Djokovic masuk daftar peserta Australian Open 

Tiley mengatakan jika petenis nomor satu dunia itu akan bermain untuk Serbia di Piala ATP di Sydney pada pekan pertama Januari mendatang, maka dia akan tiba bersama pemain tahap pertama pekan depan.

"Kami ingin memiliki pemain terbaik di sini, saya ingin Novak di sini," ungkap Tiley.

"Jika dia memenuhi persyaratan itu maka bagus, jika tidak, itu mengecewakan," tutupnya. 

Roger Federer, juara 20 gelar Grand Slam lainnya, dan Serena Williams, yang telah memenangi 23 gelar Grand Slam, sudah mengesampingkan diri mereka dari turnamen saat mereka melanjutkan pemulihan dari cedera.

Tiley juga mengumumkan bahwa mantan juara US Open Sam Stosur dan rekan-rekannya dari Australia Daria Saville serta Maddy Inglis mendapat wildcard untuk nomor tunggal putri dalam turnamen yang akan digelar pada 17-30 Januari tersebut. 

Baca juga: Djokovic belum putuskan akan bermain di Australian Open 
Baca juga: Pejabat Australia sebut kebijakan vaksin bukan untuk memeras Djokovic 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021