Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al Jufri tekankan pentingnya peran perempuan bagi pembangunan bangsa Indonesia dalam acara peringatan Hari Ibu bertema “Sejuta Cinta Untuk Ibu”.

"Perempuan Indonesia adalah aset, potensi, dan investasi penting bagi Indonesia yang dapat berkontribusi secara signifikan sesuai kapabilitas dan kemampuannya,” kata Salim Segaf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Senada dengan Pimpinan PKS, Menteri PPPA I Gusti Bintang Darmawati juga menekankan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai bidang.

"Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai bidang pembangunan, karena perempuan adalah motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan mendatang," tegas I Gusti Bintang Darmawati.

Baca juga: Ibu Negara tegaskan peran perempuan untuk kemajuan bangsa

Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS memperingati Hari Ibu dengan menggelar acara puncak, dan dimeriahkan dengan gelar wicara yang dihadiri oleh narasumber Psikolog Rahmi Dahnan dan Pakar Syariah Maryam Jamilah Ahzami, pembacaan puisi oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu, testimoni dari tokoh-tokoh perempuan nasional, serta penampilan lagu 'Ibu" yang dipersembahkan oleh Dodi Hidayatullah.

Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah, Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi, Istri Gubernur DKI Jakarta Fery Farhati, juga Wakil Ketua AIMI Pusat Farahdiba Tenrilemba turut memberikan testimoni terkait pemuliaan kaum Ibu dan perempuan pada acara Puncak Hari Ibu 2021 ini.

Ketua BPKK DPP PKS Kurniasih Mufidayati turut memberikan apresiasi kepada para ibu dalam momen tersebut.

"Kami memberikan apresiasi kepada para ibu atas cinta kasihnya kepada anak bangsa. Sepanjang hayatnya, peran ibu luar bisa mendidik putra dan putrinya dengan segala tantangan yang ada, terutama tantangan masa pandemi saat ini,” ungkap Mufida.

Baca juga: Menkeu: Negara yang dipimpin wanita cenderung lebih baik saat pandemi

Kegiatan ini juga menampilkan acara menarik lainnya, seperti tayangan video Kaleidoskop BPKK DPP PKS, pengumuman video pemenang give away “Sejuta Cinta untuk Ibu”, peluncuran Buku Konsultan Keluarga Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS, serta tayangan video kiprah RKI dalam melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional “Sejuta Cinta untuk Ibu”.

Perlu diketahui, Acara Puncak Hari Ibu 2021 ini adalah acara pamungkas dari rangkaian kegiatan Hari Ibu yang digelar oleh BPKK PKS sejak November 2021 di seluruh nusantara, dengan kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) “Sejuta Cinta untuk Ibu” sebagai acara utamanya. Pelayanan Kesehatan, konsultasi keluarga, pemberian hadiah untuk para Ibu, juga senam nusantara menjadi variasi kegiatan Gernas yang banyak dilakukan BPKK PKS di banyak wilayah.

Melalui rangkaian kegiatan Hari Ibu 2021 ini, diharapkan pembangunan keluarga, khususnya pemuliaan kaum perempuan, semakin meningkat demi terwujudnya keluarga berkualitas dan bangsa yang kuat.

Baca juga: Ibu Negara: Perempuan tidak hanya "konco wingking" saja

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021