Jakarta (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta dan organisasi lain mengumumkan lima sosok ibu yang berperan menyebarkan "Aksi Hidup Baik" melalui ajang Ibu Ibukota Awards (IIA) 2021.

"Semangat Aksi Hidup Baik menjadi magnet bagi kita semua untuk berkolaborasi lebih luas lagi," kata Penggagas IIA sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK DKI Fery Farhati dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DKI Jakarta cari sosok ibu penggerak literasi

Lima sosok ibu tersebut memiliki peran di bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan.

Adapun lima sosok ibu inspiratif itu, yakni Hoiriyah untuk bidang pendidikan yang mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inklusi untuk anak autis di Jakarta Utara.

Selanjutnya, Sri Sintawati untuk bidang kewirausahaan yang mengajarkan ilmu membatik dan cara pemasaran, kemudian Ike Ni’mah Tatimu untuk bidang kesehatan yang langsung terjun menjadi Kader Tuberkulosis di Warakas, Jakarta Utara.

Untuk bidang lingkungan yakni Fathimah Himmatina yang mengolah sampah organik dengan bantuan maggot.

Baca juga: Peserta "Vaksin Merdeka" hari kelima capai 85.000 orang

Terakhir, bidang pemberdayaan yakni Suyatmi yang mendirikan Koperasi Wanita Flamboyan sejak 1992 di Jakarta Timur.

Dalam pelaksanaannya, IIA 2021 dibantu oleh lebih dari 60 relawan yang berperan mulai dari proses seleksi dan ada 10 tim seleksi dari berbagai latar belakang.

Dalam kesempatan itu, Ibu Ibu Kota Awards (IIA) meluncurkan satu lagu bernafaskan kolaborasi dengan judul "Ibu Ibukota" dengan melibatkan beberapa penyanyi kenamaan seperti Andien hingga Mario Ginanjar.

Ibu Ibu Kota Awards merupakan ajang apresiasi yang mengangkat cerita perempuan penggerak literasi AksiHidupBaik yang ada di Jakarta.

Penyelenggaraan Ibu Ibu Kota Awards melibatkan kerja sama dengan PKK Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta.

Baca juga: Ibu-ibu buat lilin aromaterapi di area Jakarta International Stadium

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021