Jakarta (ANTARA) - Pemain senior Borneo FC Sultan Samma mengaku tetap menjalani program latihan selama waktu libur untuk menjaga kondisi fisik menghadapi putaran kedua Liga 1 2021/2022.

"Yang pasti kami diminta menjaga kondisi. Selama ini kalau tak ada program latihan bersama, saya tetap latihan karena sepak bola ada pekerjaan saya sebagai pemain profesional," kata Sultan dalam laman resmi klub, Jumat.

Sebelum libur, Sultan mengungkapkan seluruh pemain sudah diberi instruksi menjaga stamina agar kondisi fisik tak turun saat berkumpul kembali.

Yang membedakan saat latihan mandiri dilakukan, intensitasnya tak seperti latihan bersama. Artinya pemain merasa tak dipaksa latihan sampai tenaga terkuras.

"Dari pelatih kami diberi program latihan yang harus kita lahap meskipun dalam intensitas yang berbeda. Pelatih minta agar kondisi kami sekembalinya dari libur tidak terlalu jatuh dan bisa kembali fokus," sambung Sultan.

Selama seri tiga, Sultan memang kurang mendapatkan jam bermain, namun dia sama sekali tak mempersoalkannya karena pelatih mempunyai taktik dan strategi sendiri dalam setiap pertandingan untuk menentukan siapa yang bermain.

Baca juga: Borneo FC isyaratkan tambah amunisi lagi hadapi putaran kedua

"Yang pasti kami harus selalu siap jika dipercaya turun bertanding. Itulah mengapa kami harus sadar untuk menjaga terus kondisi kami," kata Sultan.

Di sisi lain, Sultan menyambut baik waktu libur latihan yang diberikan selama sepekan karena pemain mempunyai  kesempatan bertemu dengan keluarga meski tidak terlalu lama.

Pemain asli kelahiran Kota Tepian itu mengaku waktu libur benar-benar harus dimaksimalkan bersama keluarga, mengingat selama lebih dari dua bulan semua pemain fokus kepada program latihan dan pertandingan.

"Libur delapan hari jelas sangat kami manfaatkan untuk bertemu keluarga. Sebab selama kompetisi yang berpusat di Jawa, kami tidak bisa seintens biasanya jumpa anak istri," kata Sultan.

Pesut Etam memberikan jatah libur latihan bersama kepada pemain selama delapan hari, terhitung mulai 19 sampai 26 Desember 2021 sebelum mulai menyiapkan diri menghadapi putaran kedua Liga 1 2021/2022.

Meski tidak lama, jatah libur ini diberikan karena Pesut Etam menyadari persaingan pada putaran kedua Liga 1 yang dimulai 5 Januari mendatang bakal sengit.

Baca juga: Borneo FC datangkan gelandang asal Jepang Kei Hirose

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021