Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyambut baik keterlibatan selebritas di dalam manajemen klub karena dinilai menjadi sinyal baik untuk perkembangan industri bola basket Indonesia.

Hingga kini, tercatat ada tiga pesohor Tanah Air yang meramaikan dunia bola basket nasional. Setelah Raffi Ahmad yang mendirikan Rans PIK Basketball, kini muncul Gading Marten serta Baim Wong.

Gading turun serta untuk memperkuat manajemen West Bandit Solo, sedangkan Baim ditunjuk sebagai Presiden Satria Muda Pertamina Jakarta.

Wakil Ketua Umum Bidang Marketing dan Bisnis PP Perbasi, Francis Wanandi, mengatakan bahwa keterlibatan selebritas nasional itu menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat terhadap industri bola basket makin baik.

“Diharapkan momentum ini juga menjadi daya tarik bagi para pengusaha untuk bersama-sama membangun industri bola basket ke depan, baik dari sisi komersial maupun sisi yang berguna bagi pembinaan atlet agar dapat membantu penyediaan berbagai fasilitas yang baik untuk pelatihan dan pencarian bibit-bibit baru," ujar Francis dalam rilis pers Perbasi, Sabtu.

Baca juga: Jadi presiden SM, Baim Wong dinilai bisa tingkatkan pamor basket

Francis menambahkan bahwa kehadiran selebritas dalam manajemen klub juga menjadi keuntungan bagi dunia bola basket karena secara otomatis kegiatan klub juga bakal mendapat sorotan publik dan para penggemar.

Sorotan tersebut sekaligus menjadi kesempatan untuk mengampayekan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.

Namun dia berharap para selebritas yang terlibat itu juga tidak hanya fokus pada sisi hiburan atau konten semata, tetapi juga turut berperan dalam memajukan prestasi basket Indonesia.

“Komitmen penuh serta investasi jangka panjang diperlukan semua pihak guna memiliki visi sama memajukan bola basket di Indonesia. Bukan sekadar bertanding dan kalah menang saja,"

"Semoga mereka juga dapat menjaga perilaku serta kehidupan kesehariannya agar tetap mencerminkan sportivitas olahraga basket nasional," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan masuknya para artis ke dunia basket dipercaya semakin bisa menggerakkan industri bola basket.

"Kami memanfaatkan sebagai bagian dari ajang kebangkitan bola basket Tanah Air. Dengan program Indonesia bergerak pada 2022 mendatang, kiranya dapat semakin menggelorakan gerakan bola basket sampai ke pelosok daerah apalagi sudah banyak influencer yang bergabung di dunia bola basket," kata dia.

Baca juga: PP Perbasi hadirkan logo baru dalam puncak rangkaian ultah ke-70

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021