Jakarta (ANTARA) - Petugas kepolisian mencatat sebanyak 667 wisatawan memadati objek wisata Kepulauan Seribu pada libur akhir pekan bertepatan dengan perayaan Natal 2021, Sabtu.

Perwira Pengendali dari Polres Kepulauan Seribu Ipda Heru Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan para wisatawan tersebut berangkat dari Dermaga Keberangkatan Pelabuhan Kaliadem, Jakarta Utara menuju Kepulauan Seribu.

Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta sudah layani 88 ribu penumpang

Berdasarkan data, Heru menyebutkan jumlah total penumpang kapal yang berangkat dari Pelabuhan Kaliadem sebanyak 808 orang terdiri dari 667 orang wisatawan, 111 orang warga Kepulauan Seribu, dan 20 orang aparatur negara.

Diungkapkan Heru, jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 13 armada di Dermaga Keberangkatan Pelabuhan Kaliadem, terdiri dari 10 kapal tradisional dan tiga kapal Dinas Perhubungan (Dishub).

Seementara itu, Polres Kepulauan Seribu menempatkan personel di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke untuk bergabung dengan instansi terkait guna melaksanakan Operasi Lilin Jaya 2021 untuk mengantisipasi potensi keramaian masyarakat saat berwisata ke Kepulauan Seribu.

Baca juga: Penumpang di Terminal Kalideres mulai meningkat jelang libur Natal

Pengawasan protokol kesehatan di Dermaga Keberangkatan Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu antara lain pengecekan dan pengaturan antrean saat penumpang memindai kode batang (barcode) yang tersedia sebelum memasuki kapal dengan aplikasi PeduliLindungi.

Semua penumpang kapal yang akan menuju Kepulauan Seribu wajib memindai kode batang tersebut, serta jaga jarak pun diatur untuk mencegah penularan COVID-19 kepada masyarakat di masa libur Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: DKI larang perayaan di area publik selama libur Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021