Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 21.000 orang wisatawan mengunjungi destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) di Jakarta Utara pada libur Natal 2021.

"Hingga sekitar pukul 16.00 WIB, ada sekitar 21.000 wisatawan yang berkunjung," kata Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho, di Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu.

Menurut Eko Nugroho, jumlah 21.000 orang wisatawan itu hanya sekitar 17,5 persen dari kapasitas maksimal yakni sekitar 120.000 orang wisatawan.
 
Manajemen TIJA atau Ancol mewajibkan menerapkan protokol kesehatan kepada wisatawan yang berkunjung, sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Eko menjelaskan, pemerintah membuat aturan, pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, ada sejumlah ketentuan tambahan, yaitu memastikan menjaga jarak, melarang pesta yang berpotensi menimbulkan kerumunan, serta mengurangi penggunaan suara.

Hal ini menjadi perhatian dari manajemen Ancol untuk tidak mengadakan acara khusus seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19, tapi tetap melayani pengunjung perorangan dan keluarga untuk berwisata.

Baca juga: Ancol buka wisata "Dufan Night" pada 3-4 Desember 2021

Manajemen Ancol mengimbau kepada para pengunjung untuk bersikap bijak berwisata dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, mulai dari pembelian tiket secara daring di www.ancol.com, wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi, menggunakan masker dan menyediakan masker cadangan, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari berkerumun.

Pada libur Natal, Ancol beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB, tapi pintu gerbang masuk ditutup pukul 20.00 WIB.

Seluruh wahana rekreasi seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Gondola dan Faunaland Ancol, juga sudah bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Khusus Atlantis Water Adventures, pada Desember ini hanya bisa dikunjungi pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional mulai jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Baca juga: Kapasitas tempat wisata di Jakarta dipangkas jadi 25 persen
Baca juga: Wagub: Kebijakan ganjil-genap di Ancol untuk kurangi kerumunan


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021