Solo (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI menyoroti pentingnya peran seniman terhadap pelestarian nilai-nilai sejarah Bangsa Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Solo, Selasa mengatakan upaya pelurusan sejarah penting bagi generasi penerus agar memahami jati diri Bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Pada saat menerima kunjungan dari Kelompok Ketoprak Balekambang dari Solo, Lestari yang akrab disapa Ririe ini mengatakan peran para seniman sangat diharapkan untuk melestarikan nilai-nilai kebangsaan warisan para pendahulu bangsa.

"Kehadiran teman-teman Ketoprak Balekambang dari Solo ini merupakan kebanggaan bagi saya dan masyarakat yang saat ini sedang berupaya meluruskan sejarah Ratu Kalinyamat dari Jepara yang dengan gagah berani bertempur melawan penjajah Portugis," katanya saat menerima kunjungan di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut dia, pemahaman terhadap jati diri bangsa bagi generasi penerus sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan oleh para pendahulu bangsa tetap dipahami.

"Dengan begitu, pelurusan fakta sejarah dari para pendahulu bangsa, seperti Ratu Kalinyamat dari Jepara yang mewariskan nilai-nilai kepahlawanan sangat penting dilakukan agar generasi penerus memiliki pemahaman yang benar terhadap sepak terjang para pahlawan," katanya.

Termasuk para seniman Ketoprak Balekambang dari Solo tersebut, dikatakannya, berperan penting dalam menyosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan Ratu Kalinyamat untuk diteladani generasi penerus bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Budayawan Sudjiwo Tejo yang hadir dalam pertemuan itu berpendapat penyampaian fakta baru terkait sejarah Ratu Kalimanyamat harus disesuaikan dengan kelompok sasaran yang dituju.

Ia mengatakan penyampaian cerita sejarah terkait kisah kepahlawanan Ratu Kalinyamat juga bisa lewat pertunjukan teater yang diminati kalangan muda dengan harapan cakupan penontonnya lebih luas.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak masyarakat tingkatkan optimisme

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kebersamaan di tengah pandemi harus diapresiasi

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong RUU Masyarakat Hukum Adat segera diselesaikan

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021