Jika ketiganya tidak ada, itu bencana. Ini bencana mutlak bagi para penggemar dan orang-orang yang menikmati tenis
Jakarta (ANTARA) - Petenis Australia Nick Kyrgios berpendapat dengan Roger Federer yang sudah absen dari Australian Open, akan menjadi "bencana" jika Novak Djokovic dan Rafa Nadal tidak hadir untuk Grand Slam pertama tahun depan itu.

Kyrgios menambahkan turnamen tenis tersebut membutuhkan "Big Three" untuk terus bergulir.

Nadal, Federer dan petenis nomor satu dunia Djokovic terikat pada rekor 20 gelar juara Grand Slam, tetapi ada kemungkinan bahwa tidak satu pun dari mereka akan beraksi di Melbourne Park ketika turnamen besar pertama 2022 itu dimulai pada 17 Januari.

Baca juga: Kyrgios minta Australian Open dibatalkan

Federer (40) telah mengundurkan diri setelah menjalani beberapa operasi lutut, sementara petenis Spanyol Nadal belum mengonfirmasi keikutsertaannya setelah pulih dari COVID-19.

Dengan penyelenggara mewajibkan semua pemain dan peserta harus divaksin atau memiliki pengecualian medis yang diberikan oleh panel ahli, Djokovic membuat semua orang menebak-nebak, sementara berulang kali menolak untuk mengatakan apakah dia telah divaksin COVID-19.

Petenis Serbia itu mengatakan dia "menentang vaksinasi" dan Kyrgios, mantan petenis nomor 13 dunia, mengatakan kepada surat kabar Melbourne The Age bahwa meski dia tidak tahu bagaimana situasi Djokovic, tenis membutuhkannya di lapangan.

"Saya berharap dia menghabiskan Natal dengan baik dan saya berharap dia bisa bermain dalam olahraga ini dalam waktu yang lama, karena saya telah menyuarakan sebelumnya bahwa saya pikir Federer, Nadal dan Djokovic perlu (bermain)," kata Kyrgios, dikutip dari Reuters, Rabu.

"Jika ketiganya tidak ada, itu bencana. Ini bencana mutlak bagi para penggemar dan orang-orang yang menikmati tenis."

Baca juga: Tanggapi Kyrgios, Djokovic tegaskan soal pilihan vaksin

"Ya, ini jelas merupakan kesempatan bagus bagi beberapa pemain muda untuk datang dan membuat dampak, tetapi secara keseluruhan, kami membutuhkan mereka untuk menjadi bagian dari olahraga ini."

Australian Open dilanda serangkaian cedera, dengan pemenang utama Serena Williams, Bianca Andreescu, Stan Wawrinka dan Domonic Thiem semuanya absen.

Kyrgios, favorit penonton di Melbourbe Park, tidak bermain sejak akhir September karena masalah lutut, merosot ke peringkat 93, yang membuatnya absen dari tim Australia untuk ATP Cup pembuka musim di Sydney.

Petenis berusia 26 tahun itu akan memulai musim 2022-nya di ajang ATP 250 di Melbourne pekan depan. Dia mendapatkan wild card untuk bermain di Sydney Tennis Classic pekan selanjutnya.

Baca juga: Thiem mundur dari Grand Slam Australian Open demi pemulihan fisik
Baca juga: Murray dapat wild card di Australian Open
Baca juga: Andreescu absen di Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021