Kunjungan itu dimaksudkan untuk memberikan dukungan moril bagi perjuangan kemerdekaan negara Palestina.
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan para ketua parlemen negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) akan mengunjungi jalur Gaza sebelum bulan Ramadhan.

Kunjungan itu dimaksudkan untuk memberikan dukungan moril bagi perjuangan kemerdekaan negara Palestina.

"Kita mendorong kemerdekaan Palestina dan memberikan dukungan moril. Kita sepakat melakukan kunjungan ke jalur Gaza sebagaimana yang telah disepakati dulu dalam sidang darurat PUIC di Syria," kata Marzuki usai menerima kunjungan Ketua Parlemen Republik Iran Ali Ardeshir Larijani di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Selain itu, dalam pertemuan antara Marzuki dan Larijani,  Indonesia dan Iran telah sepakat mendorong proses demokratisasi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Dalam kaitan negara-negara di Timur Tengah sekarang ini, kita mendorong proses demokratisasi yang terjadi di Timur Tengah dan Afrika Utara. Semua harus dikembalikan kepada keinginan masing-masing masyarakat di sana tanpa campur tangan dari pihak luar," kata dia.

Selain itu, masih kata Marzuki, untuk kedua parlemen Indonesia-Iran, keduanya pemimpin sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang energi.

"Kerjasama energi juga dibahas. Tapi ini lintas parlemen, komisi energi masing-masing parlemen bisa berbagi pendapat, berdiskusi. Tentang bagaimana diskusinya, kita serahkan kepada masing-masing komisi," kata Marzuki.

Menurut dia, hubungan politik Indonesia-Iran baik sekali tapi sayangnya hubungan ekonomi masih jauh di bawah.

"Kita tahu bahwa yang manfaatkan potensi ekonomi Iran itu adalah Cina dan Turki. Justru kita yang punya hubungan politik yang baik dan bagus tidak mampu manfaatkan potensi ekonomi Iran," katanya.

Kedua pemimpin parlemen pun sepakat meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata, terutama pariwisata agama, demikian Marzuki. (zul)

(ANTARA)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011