Ada 23 tim yang sedang melaksanakan tugas secara serentak. Target kita, di masing-masing tim ibisa memvaksinasi 200 anak
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Wibowo mengatakan pihaknya mengerahkan 23 tim untuk mengejar target Vaksinasi Merdeka Anak dengan sasaran anak usia 6-11 tahun se-Jakarta Utara.

"Ada 23 tim yang sedang melaksanakan tugas secara serentak. Target kita, di masing-masing tim bisa memvaksinasi 200 anak," kata Wibowo kepada wartawan pada pelaksanaan vaksinasi di SD Negeri 07 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu.

Menurut Wibowo,  Masing-masing tim memiliki target memvaksinasi 200 anak, sehingga dari 23 tim itu ditargetkan dalam dua pekan ke depan 100 persen anak usia 6-11 tahun sudah mendapat vaksinasi minimal dosis pertama.

"Saat ini anak usia 6-11 tahun yang sudah divaksinasi di Jakarta Utara baru sekitar 64 persen dari target total 124.940 anak," katanya.

Baca juga: Puluhan anak berkebutuhan khusus ikut vaksin COVID-19 di Jakarta Utara

Polri hari ini meluncurkan program Vaksinasi Merdeka Anak berbasis komunitas demi mempercepat pencapaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di tingkat kota hingga 100 persen.

Tujuannya, kata dia, untuk melindungi dan menyelamatkan generasi bangsa, khususnya yang berusia 6-11 tahun, saat berkegiatan di luar rumah, terutama ketika proses belajar-mengajar sudah mulai buka kembali untuk pembelajaran tatap muka (PTM).

"Jadi pemerintah harus meyakinkan bahwa anak-anak tidak terganggu dalam proses belajar-mengajarnya. Makanya, kami minta juga kepada seluruh orang tua, kami imbau kepada orang tua datangi gerai dan tempat vaksinasi yang sudah menggelar vaksinasi anak. Kami jamin insyaAllah ini sehat," kata Wibowo.

Selain itu, untuk anak yang sudah divaksinasi, Polres Metro Jakarta Utara juga turut mengimbau agar jangan pernah melupakan protokol kesehatan. "Tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, tetap menjaga jarak selama berkegiatan di luar rumah," katanya.

Baca juga: Kapolri: Percepatan vaksinasi anak jaga generasi penerus bangsa
Baca juga: Vaksinasi anak di Jakut tidak dipaksakan tapi peserta melebihi target

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022