Jakarta (ANTARA) - Dua klub bola voli yang berada dalam naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Surabaya Bhayangkara Samator (putra) dan Jakarta Popsivo Polwan (putri) mengusung target mengawinkan gelar pada kompetisi Proliga 2022.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi selaku CEO dari kedua tim mengatakan pada Proliga 2022 baik tim putra maupun putri hadir dengan skuad terbaik. Dia pun optimistis momen mengawinkan gelar pada musim 2019 dapat terulang.

"Saya tidak pernah target muluk, yang penting setiap pertandingan jangan sampai kalah," kata Firman saat pengenalan tim di NTMC Korlantas Polri, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jadwal pertandingan Proliga 2022

Surabaya Bhayangkara Samator bakal hadir dengan deretan pemain bintang dan berlabel tim nasional seperti Rendy Febriant Tamamilang, Nizar Julfikar Munawar, Agil Anggara, Hadi Suharto, Yuda Mardiansyah Putra, dan Fahreza Rakha Abhinaya.

Nama-nama di atas merupakan pemain yang memperkuat Indonesia saat meraih medali emas pada gelaran SEA Games Filipina pada 2019.

Selain itu, Samator juga bakal diperkuat dua pemain asing yakni Tim Taylor dari Australia dan Marko Sindelic asal Serbia. Lalu ada pula pemain lainnya Vaisal, Alfin Daniel Pratama, Henry Ade Novian, Rama Fazza Fauzan, Samsul Kohar, Galih Bayu Saputra, Harris Anggoro, dan Devan Rizki.

Dengan komposisi pemain tersebut, Surabaya Bhayangkara Samator menjadi tim kuat yang berlaga di Proliga musim 2022.

Terlebih, Nizar Julfikar Munawar dan kawan-kawan juga hadir sebagai juara bertahan. Surabaya Bhayangkara Samator merupakan tim paling dominan dalam kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air tersebut. Tercatat tujuh gelar juara pernah diraih masing-masing pada 2004, 2007, 2009, 2014, 2016, 2018, dan 2019. Pada musim 2020, Samator juga masuk final four bersama Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, dan Palembang Bank Sumsel Babel. Kompetisi harus berakhir tanpa juara karena pandemi COVID-19.

Baca juga: BNI perkenalkan susunan tim baru untuk Proliga 2022

Sementara itu, Jakarta Popsivo Polwan juga bakal hadir dengan deretan pemain bintang seperti Amalia Fajrina Nabila dan Arsela Nuari Purnama. Ada pula dua pemain asing Guedpard Pornpun (Thailand) dan Gina Mambru (Republik Dominika).

Selain itu ada nama lainnya yang memperkuat tim ini yakni, Alviodita Firlyana, Agrafarida Desy Maharani, Shidy Sasgia Dwi Yanuar, Rissa Meiga Rianti, Susilawati, Eris Septia Wulandari, Novita Dinda Pratama, dan Fitriyani Nurjanah.

Lalu Legisya Nur Asyiah, Ayu Cahyaningsiam, Fajriani Ema Herawati, Efa Sari Susilawati, Balbina, dan Rinda Kurnia.

Jakarta Popsivo Polwan tercatat tiga kali menjadi juara Proliga pada sektor putri. Selain pada 2019, sebelumnya tim ini juga berjaya pada musim 2012 dan 2013.

Baca juga: 11 tim bola voli siap berlaga di Proliga 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022