Jakarta (ANTARA) - Su Qingtian, seorang pengantin baru dari Provinsi Fujian, China timur, memulai perjalanan bulan madunya dengan berbelanja besar-besaran di toko bebas bea di pulau Hainan, China selatan.

"Ini hari yang menyenangkan. Saya menjadi agen pembelian untuk anggota keluarga dan teman-teman dan bahkan mendapat kartu keanggotaan emas," ujar Su, dengan lebih dari 10 tas di tangannya, saat membagikan pengalamannya di WeChat.

Selama tiga hari libur Tahun Baru, toko-toko bebas bea di Hainan meluncurkan berbagai promosi, menarik konsumen dari seluruh penjuru China.

Data dari Bea Cukai Haikou menunjukkan bahwa penjualan bebas bea lepas pantai di Hainan selama libur Tahun Baru 2022 mencapai 600 juta yuan (1 yuan = Rp2.257), naik 9,7 persen secara tahunan (yoy).

Pada Hari Tahun Baru saja, toko-toko bebas bea di provinsi pulau itu menerima 18.200 kunjungan, dengan konsumsi per kapita mencapai 8.917 yuan, masing-masing naik 9,9 persen dan 17,3 persen (yoy). Dari 1 hingga 3 Januari, sekitar 739.000 barang dibeli di toko-toko tersebut, meningkat 9,7 persen dari setahun yang lalu.

Iklim yang menguntungkan, langkah pengendalian epidemi yang baik, dan diskon yang menggoda telah mendorong penjualan toko bebas bea selama libur Tahun Baru di Hainan, menurut Wang Jiansheng, Kepala Asosiasi Penelitian Pengembangan Pariwisata Hainan.

Belanja bebas bea telah menjadi salah satu fitur kompetitif utama dari konsumsi pariwisata Hainan. Provinsi tersebut saat ini memiliki 10 toko bebas bea, menampung lebih dari 720 merek di area perbelanjaan dengan total luas mencapai 220.000 meter persegi.

Sejak 1 Juli 2020, Hainan menaikkan kuota belanja bebas pajak tahunannya dari 30.000 yuan menjadi 100.000 yuan per orang. Batas pembelian bebas bea untuk kosmetik dinaikkan dari 12 produk menjadi 30 produk.

Provinsi tersebut, yang bertekad membangun wilayahnya menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi dan berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini, juga telah meluncurkan berbagai kebijakan seperti layanan pengambilan barang yang fleksibel guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Pada 2021, penjualan bebas bea lepas pantai di Hainan mencapai hampir 60,2 miliar yuan, meningkat 84 persen (yoy), menurut departemen perdagangan provinsi itu. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022