Saya merasa sangat lelah dan saya demam
Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengatakan bahwa dia "sangat sakit" saat mengidap COVID-19 dan setelah pulih berhasil memetik kemenangan atas petenis kualifikasi Ricardas Berankis di turnamen Melbourne Summer Set, Kamis.

Juara Grand Slam 20 kali itu memulai persiapan Australian Open dengan kemenangan 6-2 7-5, pertandingan tunggal pertamanya di ATP Tour sejak Agustus lalu setelah cedera dan kemudian terinfeksi virus corona.

Petenis berusia 35 tahun, yang dinyatakan positif COVID-19 bulan lalu, beraksi tepat ketika saingannya Novak Djokovic -- yang juga mengejar gelar grand slam ke-21 untuk memecahkan rekor -- menghadapi deportasi dari Australia.

"Saya merasa sangat lelah dan saya demam," kata Nadal bercerita saat dia terkena COVID-19, dikutip dari AFP.

Baca juga: Nadal positif COVID-19 setelah "comeback" di Abu Dhabi

"Saya harus berada di tempat tidur selama beberapa hari tanpa memiliki kesempatan untuk banyak bergerak karena saya sangat demam."

Petenis Spanyol, yang jatuh sakit setelah turnamen ekshibisi di Abu Dhabi, itu mengatakan "Setelah saya terinfeksi, saya perlu melihat sedikit bagaimana tubuh saya membaik setelah COVID."

"Saya cukup senang dengan peningkatan saya dalam hal pemulihan," ujarnya menambahkan.

Nadal, yang mengalami cedera kaki tahun lalu dan absen di Wimbledon dan US Open, mendapatkan bye putaran pertama di Melbourne Summer Set sebelum bertemu petenis peringkat 104 Lithuania, Berankis.

Baca juga: Nadal tiba di Melbourne jelang Australian Open

Petenis Spanyol itu mematahkan servis Berankis di awal set kedua dan berada dalam jalurnya untuk meraih kemenangan ketika dia memimpin 5-2, namun servisnya gagal dan memungkinkan petenis Lithuania itu kembali ke pertandingan.

Berankis menyamakan kedudukan menjadi 5-5 sebelum Nadal akhirnya menahan servisnya, lalu mematahkan servis sekali lagi untuk menutup kemenangan.

Nadal mengaku tidak terkejut mengalami pasang surut dalam pertandingan.

"Tidak mungkin benar-benar percaya diri dan nyaman setelah cedera mungkin sekitar enam bulan," kata Nadal.

Nadal akan menghadapi Alexei Popyrin dari Australia atau Tallon Griekspoor dari Belanda pada perempat final.

Baca juga: Penyelenggara yakin Nadal hadiri Australian Open, Djokovic belum pasti
Baca juga: Kyrgios: Tidak ada "Big Three" akan jadi bencana bagi Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022