Saya punya anak digital. Tapi saya menerapkan berbagai diet, diet teknologi, diet TV,"
Jakarta (ANTARA News) - Shahnaz Haque punya kiat sendiri menghadapi arus teknologi informasi yang semakin canggih menyentuh kehidupan anak-anak.

Istri pemusik Gilang Ramadhan itu mengakui, produk teknologi informasi atau digital telah masuk dalam kehidupan tiga putrinya, karena sejak ia mengandung mereka pun telah mengenal dan menggunakan produk digital.

"Saya punya anak digital. Tapi saya menerapkan berbagai diet, diet teknologi, diet TV," ujar ibu dari Pruistine Aisha (9), Charlotte Fatima (8), dan Mieke Namira (5), di sela-sela pelatihan mendongeng "Toyota Bercerita," di Jakarta, Selasa.

Shahnaz yang kini dikenal juga sebagai pemerhati anak mengaku, tiap hari ia menerapkan diet teknologi dua jam sehari. Ketiga putri cantiknya boleh berselancar di internet, nonton televisi, dan produk digital lainnya hanya dua jam dalam sehari.

"Selebihnya bermain. Saya ingin mereka lebih banyak bermain, berinteraksi," ujar adik bungsu dari Marissa dan Soraya Haque itu.

Insinyur dari  Universitas Indonesia tersebut  menekankan pentingnya orang tua membangun kedekatan emosi dengan anak mereka melalui dongeng.

"Bila orang tua punya hubungan yang hangat dengan anak, maka ia bisa menjadi `tong sampah` emosi sang anak. Anak bisa percaya diri menceritakan apa saja dengan orang tuanya," ujar Putri Indonesia Favorit tahun 1995 itu.
(R016/M026)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011