Jadi terminal ini memiliki berbagai fungsi tambahan untuk berkegiatan secara nyaman. Tetapi secara komersil juga menghasilkan dan menghidupi kegiatan yang ada di sini
Solo (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan keberadaan Terminal Tirtonadi di Kota Surakarta, Jawa Tengah lebih dari sekadar simpul transportasi atau tempat naik turunnya penumpang bus.

Menhub mengatakan, konsep pengembangan Terminal Tipe A Tirtonadi diarahkan untuk dapat sekaligus menjadi tempat pertunjukkan seni dan budaya bagi masyarakat.

"Ada satu ikon baru di Solo, sehingga apa yang selama ini ada di Terminal Tirtonadi sudah bagus, akan kita tambah lagi dengan kegiatan yang menarik sebagai pusat kreasi, pusat kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Solo dan sekitarnya," kata Budi Karya saat menghadiri acara "Di Tirtonadi, Berbuat untuk Seni Budaya Solo", Sabtu.

Budi Karya menjelaskan, Terminal Tirtonadi kini memiliki berbagai fungsi selain menjadi simpul transportasi, yakni memiliki function hall untuk pameran, resepsi pernikahan, pusat olahraga, pusat kuliner, dan pusat kesenian.

Dengan adanya penambahan fungsi terminal, diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan dan anak muda hingga orang tua, dan para penikmat seni yang datang ke terminal.

Menhub juga berharap, melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Terminal Tirtonadi maka turut meningkatkan pamor terminal bus dan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum bus.

"Jadi terminal ini memiliki berbagai fungsi tambahan untuk berkegiatan secara nyaman. Tetapi secara komersil juga menghasilkan dan menghidupi kegiatan yang ada di sini," ujarnya.

Menhub menambahkan, konsep pengembangan Terminal Tirtonadi akan diterapkan di sejumlah simpul transportasi lain seperti stasiun kereta api, pelabuhan, hingga bandara.

Namun demikian, Kemenhub akan mencarikan format yang sesuai dengan daerah masing-masing sesuai dengan kearifan lokal dan potensi daerah tersebut.

Selain itu, dalam pengembangannya, Kemenhub juga melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak swasta untuk berpartisipasi.

Baca juga: Terminal Bus Tirtonadi akan menggelar pertunjukan seni dan budaya

Baca juga: Menhub: Pembangunan Tirtonadi jadi contoh revitalisasi fungsi terminal

Baca juga: Kemenhub kembangkan energi terbarukan di terminal penumpang

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022