Bahwa manusia kemampuannya terbatas, di mana pada satu titik itu akan berakhir
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 26 lukisan karya pelukis senior Provinsi Kalimantan Selatan Nanang M Yus dari masa ke masa dipamerkan di Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin, 9-19 Januari 2022.

"Ada karya saya tahun 1977 hingga 2021 ini dipamerkan," ujar Nanang M Yus di Banjarmasin, Minggu.

Pameran lukisan bertema "titik nadir" karya pelukis yang sudah berusia 76 tahun ini bertempat di Sanggar Seni Rupa Sholihin Taman Budaya Pemprov Kalsel di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Peringati Hari Angklung, Elsiwi Oratmangun pameran lukisan di Beijing

Tentunya ini hanya sebagian kecil karyanya yang tampil, karena pria kelahiran 19 September 1945 ini sudah mulai menggeluti seni lukis sejak 1967.

"Sudah 55 tahun saya menggeluti seni lukis ini," ujarnya.

Dia mengungkapkan tema pada kegiatan pameran ini "titik nadir" digambarkannya puncak seperti matahari yang berada tepat di atas kepala.

"Bahwa manusia kemampuannya terbatas, di mana pada satu titik itu akan berakhir," tutur Nanang M Yus.

Baca juga: Dua pelukis Indonesia pamerkan karya di Italia

Seniman yang sudah mengikuti berbagai pameran lukis dari berskala kota/kabupaten hingga nasional ini berharap pemerintah memberikan perhatian lebih bagi eksistensi seni rupa.

"Harapan kita ada dibangunkan galeri seni, sebab seni rupa di daerah kita cukup diminati, banyak generasinya," tuturnya.

Baca juga: Karya pelukis kontemporer Indonesia dipamerkan di Paris

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin Hajriansyah menyampaikan, pelukis Nanang M Yus merupakan pelukis senior yang kontribusinya bagi seni rupa daerah sudah sangat besar.

Sehingga, kata dia, sangat pantas karya-karyanya diapresiasi untuk dipamerkan secara tunggal, hingga menginspirasi seniman-seniman muda.

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti dalam sambutannya atas pameran tunggal Nanang M Yus ini menyatakan, ini merupakan kesempatan bersejarah yang sangat menginspirasi karena konstruksinya terhadap seni rupa Banjarmasin dan Kalsel pada umumnya.

"Tahun ini beliau berusia 76 tahun, moga terus sehat, terus berkarya, kami pemerintah provinsi akan terus memberi perhatian dan pembinaan bagi seni budaya," tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq menyampaikan, pemerintah kota juga sangat apresiasi bagi sumbangsih Nanang M Yus bagi seni rupa daerah, di mana penghargaan yang tinggi diucapkan bagi pengabdiannya di kesenian.

"Semua kesenian kita beri perhatian, kita berupaya semaksimal mungkin," ujarnya.
 
Sejumlah karya lukis seniman senior Kalsel Nanang M Yus saat pameran tunggal karyanya di Taman Budaya Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (9/1/2022). ANTARA/Sukarli/aa.

Pewarta: Sukarli
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022