Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak umat Kristiani seluruh Indonesia, khususnya di lingkungan Kementerian Kominfo untuk tidak menyerah dan tetap kuat menghadapi pandemi yang telah berlangsung dua tahun terakhir.

“Dalam situasi dan kondisi seperti ini, kita umat Kristiani, apalagi umat Kristiani di Kementerian Kominfo dituntut untuk tidak boleh menyerah tapi mesti dan harus menjadi pribadi yang kuat,” ujarnya dalam Perayaan Natal bersama Kementerian Kominfo RI yang berlangsung secara hibrida, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Indonesia tetap genjot vaksinasi COVID-19 meski target WHO terpenuhi

Menurut dia, meskipun perayaan Natal berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Indonesia telah mengalami berbagai perubahan di segala bidang kehidupan dalam dua tahun terakhir, terlebih di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Pasalnya, kata dia, umat manusia di lingkungan global, nasional, hingga lingkungan terkecil di keluarga didorong untuk melakukan migrasi besar-besaran dari aktivitas fisik ke aktivitas virtual.

Johnny juga menjelaskan perayaan Natal dalam situasi pandemi menuntun umat Kristiani pada suatu jalan Iman bahwa kebesaran Tuhan senantiasa hadir di antara umat manusia.

“Karena itu, rekan-rekan keluarga besar Kominfo, kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa berkat kerja keras pemerintah bersama keterlibatan berbagai pemangku kepentingan nasional pusat dan daerah, partisipasi seluruh komponen masyarakat, keseluruhan pentahelix nasional kita dalam semangat persaudaraan yang kokoh, kita berada dalam keadaan yang jauh lebih baik dibandingkan beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Baca juga: Vaksin donasi dari Prancis-Jerman sampai di Indonesia

Johnny juga menyampaikan arti penting memancarkan cahaya keteladanan dan menggemakan bahasa yang penuh kesejukan, damai, keadilan, dan cinta kasih.

Menurutnya, dalam cinta kasih, bahasa yang menyapa dalam semangat persaudaraan sejati di antara umat manusia tidak berbicara tentang agama Kristen, Katolik, maupun agama dan sekte atau kelompok denominasi.

"Persaudaraan sejati diantara umat manusia seperti yang disampaikan Pak Pendeta, keseluruhan ciptaan yang disebut umat manusia sebagai anak-anak Allah di bumi. Karena itu, momentum Natal selalu disambut dengan penuh iman dan dirayakan dengan penuh rasa syukur. Kelahiran Yesus Kristus adalah wujud keberpihakan dan kebesaran cinta Allah kepada umat manusia, kepada anak-anak Allah dalam ungkapan Immanuel beserta kita,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Johnny mengajak seluruh komponen anak bangsa, terutama umat Kristiani, agar terus mengambil bagian untuk mengatasi pandemi COVID-19, dengan harapan segera masuk ke fase endemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Mengutip data statistik bulan Juli 2021 lalu, Johnny menyatakan tingkat penularan COVID-19 di Indonesia lebih dari 56 ribu orang. Namun, berkat kerja kolaborasi, iman, doa dan keyakinan yang teguh, hari ini Indonesia menjadi salah satu bangsa yang mampu mengendalikan pandemi COVID-19 terlepas dari munculnya varian Omicron.

“Kita menjadi bangsa yang cukup cerdas, cukup cepat, adaptif, egaliti-nya tinggi menghadapi pandemi COVID-19. Di tengah tekanan yang luar biasa di dunia ini, Indonesia berhasil mencapai capaian-capaian yang kita tidak perkirakan sebelumnya,” jelasnya.

Johnny mengakui, dalam situasi yang begitu berat, akan muncul pesimisme dan kekhawatiran di tengah masyarakat. Namun dalam tataran makro, berbagai capaian nasional, khususnya di sektor perekonomian memberikan catatan yang luar biasa.

“Perekonomian kita terjadi, ekspor, impor, devisa negara, neraca perdagangan, neraca pembayaran bahkan penerimaan fiskal kita jauh lebih baik sebelum pandemi. Kalau kemampuan ini kita pertahankan dan kegotongroyongan kehidupan kebangsaan kita bisa kita pertahankan terus. Atas berkat Tuhan, niscaya bangsa ini akan kembali tegak berdiri dan maju dalam lompatan-lompatan yang luar biasa,” tandasnya.


Baca juga: Kominfo edukasi kewaspadaan COVID-19 lewat buku saku dan "jingle"

Baca juga: Indonesia kembali terima vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Australia

Baca juga: Pemerintah kuatkan jaringan internet jelang libur Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022