vaksin sedang diambil Puskesmas Kecamatan dari Dinas Kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menyiapkan 40.000 dosis vaksin untuk vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi warga di Kecamatan Kembangan.

"40.000 dosis vaksin kita siapkan untuk 'booster'. Saat ini vaksin sedang diambil Puskesmas Kecamatan dari Dinas Kesehatan," kata Camat Kembangan Joko Mulyono saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Joko mengatakan dosis vaksin itu terdiri dari dua jenis yakni Pfizer dan dan Moderna.

Nantinya, warga sebelumnya yang menerima vaksin Sinovac pada dosis satu dan dua akan mendapatkan vaksin 'booster' jenis Pfizer.

"Tapi kalau yang vaksin sebelumnya dapat Pfizer atau Astrazeneca, dia dapat vaksin 'booster' Moderna," kata Joko.

Baca juga: 200 warga per kecamatan di Jakbar tervaksin "booster" Rabu ini

Untuk saat ini, sentra vaksin dikembangkan hanya terpusat di Puskesmas kecamatan. Nantinya sentra vaksin akan menyebar di seluruh kelurahan agar warga mudah mendapatkan akses vaksinasi.

Sebelumnya, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat menargetkan 200 warga sudah menerima vaksin dosis ketiga (booster) per setiap kecamatan pada Rabu ini.

"'Booster' sudah dimulai hari ini di seluruh kecamatan. Target 200 warga per kecamatan untuk hari ini," kata Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Yudi Dimyati.

Yudi mengatakan kegiatan vaksinasi Rabu ini, nantinya akan dievaluasi oleh Sudin Kesehatan. Hasil evaluasi itu akan dijadikan acuan agar kegiatan vaksinasi selanjutnya bisa berjalan dengan baik.

Yudi memastikan ketersediaan vaksin di setiap kecamatan cukup sehingga warga terkhusus lansia tidak perlu takut kehabisan dosis.

Baca juga: Puskesmas Kecamatan Kramat Jati siapkan 150 dosis vaksin "booster"

Jika dosis vaksin per kecamatan habis, maka pihaknya akan kembali meminta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk mengirimkan dosis vaksin tambahan.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022