Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki memastikan persiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meramaikan ajang MotoGP Sirkuit Mandalika 2022 kian matang dan optimistis berjalan lancar.

"Keikutsertaan UMKM lokal di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi ajang promosi dan mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM," kata Teten dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis.

Baca juga: NTB berikan kemudahan UKM berusaha selama MotoGP Mandalika

Ia mengatakan ajang MotoGP Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022 dirancang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tiga hal, yakni perdagangan, pariwisata, dan investasi.

"Kita harus sukseskan MotoGP ini bukan hanya bagi NTB saja, tetapi juga bagi UMKM-nya," katanya.

Menteri Teten meninjau kesiapan beberapa lokasi pameran pelaku UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, NTB didampingi Deputi Bidang UKM KemenKopUKM, Hanung Harimba Rachman, Staf Khusus MenKopUKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyuri.

"Patut kita bersyukur karena pembangunan infrastruktur MotoGP ini begitu besar manfaatnya, baik potensi desa wisata, homestay, kuliner dan lainnya," katanya.

Baca juga: WSBK dan MotoGP diharapkan beri dampak positif buat UKM

Baca juga: Dinas Koperasi NTB kurasi 27 UKM penyedia suvenir di Mandalika


Rencananya ada lima titik yang disiapkan sebagai lokasi berjualan UKM saat pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Beberapa yang dikunjungi Menteri Teten, di antaranya kawasan ITDC, parkir timur, parkir barat, dan tiga lokasi berada di dalam area Sirkuit Mandalika. Lokasi tambahan yang sempat dikunjungi MenKopUKM adalah terminal kedatangan dan keberangkatan Lombok Internasional Airport.

MotoGP Mandalika berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022