Untuk itu, dalam pertemuan ini kami juga ingin saling bertemu dan berbagi pengalaman masing-masing dalam pelayanan di daerah
Jayapura (ANTARA) - Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih mengharapkan sumber daya manusia asli Papua atau lokal dapat diberdayakan secara maksimal.

"Hal ini yang akan kami coba dorong dalam kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) III Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih," kata Ketua Panitia PIT III Gamael E. Enembe di Jayapura, Kamis.

Menurut Gamael, selama ini permasalahan kesehatan pada lima wilayah adat sangat kompleks di mana terkadang masyarakat tidak memahami namun tidak mau menerima orang lain.

Baca juga: BPJS Kesehatan tingkatkan kepemimpinan kepala kabupaten/kota di Papua

"Sehingga kami mengharapkan agar ke depan pemerintah dapat menyiapkan putra putri di daerah untuk disekolahkan di bidang kedokteran dan selanjutnya ditempatkan kembali ke wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih telah melahirkan lulusan sebanyak 800 dokter yang berada di Papua dan Papua Barat.

"Untuk itu, dalam pertemuan ini kami juga ingin saling bertemu dan berbagi pengalaman masing-masing dalam pelayanan di daerah," katanya lagi.

Baca juga: Mensos tekankan pentingnya bangun kualitas SDM Papua

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Ridwan Rumasukun mengatakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih dan pertemuan kali ini adalah yang ketiga, bukan hanya untuk bersilahturahmi saja melainkan juga bertukar pikiran dalam ilmu kedokteran.

"Melalui PIT III, para alumni berkomitmen ikut membangun Indonesia dari Papua, di mana keberadaannya juga ikut mendukung suksesnya realisasi pelaksanaan program pemerintah," katanya.

Sekadar diketahui, PIT III rencananya digelar selama dua hari yakni 13-14 Januari 2022 di Jayapura.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022