Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menjadikan sistem pemasaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Kahuripan yang dikembangkan Pemerintah Desa Cikahuripan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai pencontohan BUMDes lain di Indonesia.

"Kami mengapresiasi inovasi sistem pemasaran BUMDdes Sumber Kahuripan yang sudah memanfaatkan dunia digital (online) dalam pemasaran berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat," kata Gus Halim sapaan akrab Abdul Halim Iskandar di Sukabumi, Jumat.

Kemajuan dunia teknologi, katanya, harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini kebiasaan warga dalam berbelanja sudah mulai ingin yang lebih praktis tanpa harus datang ke toko atau pasar tetapi tinggal memanfaatkan aplikasi berbelanja di telepon pintarnya.

Baca juga: Mendes PDTT minta jajarannya ubah paradigma dalam pembangunan desa

Oleh karena itu, ujar dia, yang telah dilakukan BUMDes Sumber Kahuripan di Kecamatan Cisolok ini patut dicontoh atau direplikasi BUMDes lain di Indonesia sehingga bisa mendorong masyarakat untuk mengubah kebiasaan berbelanja menjadi lebih praktis dan efisien.

"Tentunya, jaringan internet yang saat ini sudah masuk desa harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, dan mempermudah warga untuk melakukan berbagai kegiatan salah satunya kegiatan ekonomi.

Baca juga: Mendes PDTT imbau desa terbitkan Perdes pencegahan kekerasan seksual
Baca juga: Mendes PDTT minta jajarannya bekerja lebih keras capai target 2022


Apalagi keberadaan media sosial sangat membantu memasarkan produk maupun jasa, maka dari itu tim pemasaran BUMDes harus bisa menguasai teknik pemasaran secara online mulai dari membuat promosi, penawaran hingga informasi produk dan layanan lainnya agar konsumen tertarik serta bisa dengan mudah membelinya.

"BUMDes merupakan salah satu penggerak perekonomian warga desa sehingga pengelola harus bisa memanfaatkan berbagai peluang yang ada dalam melakukan pemasaran berbagai macam produk khas desa, seperti BUMDes Sumber Kahuripan dengan memanfaatkan internet diyakini perkembangan perekonomian warga akan cepat tumbuh." tambahnya.

Gus Halim mengatakan saat ini sudah banyak penyedia layanan internet, bahkan masyarakat bisa memilih sesuai keinginan untuk mempermudah aktivitasnya, termasuk bagi anak-anak atau pelajar untuk menunjang aktivitas belajarnya

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022