Jakarta (ANTARA) - Kertas Xuan mengilhami para peneliti dari Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China (University of Science and Technology of China/USTC) untuk membuat lapisan film transparan berperforma tinggi dan memiliki hamburan cahaya tinggi (high-haze) baru. 

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Yu Shuhong dari USTC telah menemukan mekanisme mikroskopis dari kekuatan dan ketahanan tinggi kertas Xuan tradisional, dan menginspirasi mereka untuk membuat lapisan film transparan berperforma tinggi yang memiliki hamburan cahaya tinggi pula.

Seperti dilansir Xinhua, Sabut, tim peneliti USTC mendapatkan itu semua dengan cara menyusun serat mikro selulosa dan serat nano selulosa menjadi struktur multiskala. 

Bahkan jika lapisan film yang mereka kembangkan tersebut sangat melengkung atau terlipat-lipat, informasi yang tertulis pada lapisan itu masih dapat dibaca dengan cepat dan akurat oleh ponsel pintar (smartphone).

Kertas Xuan adalah bahan yang ideal untuk kaligrafi dan seni lukis tradisional China. Tipe kertas itu juga merupakan warisan budaya yang berharga dari bangsa China.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022