Jakarta (ANTARA) - Microsoft mengeluarkan fitur “Walkie Talkie” melalui salah satu aplikasinya yaitu Microsoft Teams yang memungkinkan pengguna smartphone secara leluasa mendapatkan pengalaman komunikasi layaknya memakai “Walkie Talkie”.
​​
Sebenarnya fitur ini sudah bisa digunakan di Android sejak akhir 2020, namun kini fitur itu bisa digunakan juga di aplikasi dengan sistem operasi iOS dan perangkat teknologi besutan Zebra Technologies yang peredarannya lebih kenal di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Microsoft dan Telkom bermitra asah 3.000 talenta digital

Mengutip The Verge, Minggu, fitur “Walkie Talkie” itu dapat digunakan oleh para pemilik smartphone untuk melakukan komunikasi audio dalam satu kawasan tertentu tanpa perlu menggunakan data seluler ataupun terhubung dengan Wi-Fi.
​​
Fitur itu sebenarnya diluncurkan Microsoft dengan ide awal untuk membantu para pekerja di lapangan yang mungkin saja kesulitan menjalankan operasi sehari- hari dalam perusahaan.

Bekerjasama dengan perusahaan teknologi komunikasi Zebra Tech, Microsoft pun mengembangkan perangkat lunak itu menciptakan tombol “Push-To-Talk” untuk menciptakan pengalaman bagi pengguna layaknya menggunakan “Walkie Talkie” sungguhan.

Fitur ini pun jelas berbeda dari fitur yang tersedia di aplikasi pesan instan saat ini dan dapat menjadi terobosan baru karena memberi pengalaman yang berbeda.
​​
Sejauh ini, fitur serupa mungkin ditemukan pada perangkat besutan Apple yang diluncurkan pada 2018 pada perangkat Apple Watch miliknya.

Komunikasi di perangkat Apple itu mengandalkan panggilan audio dari FaceTime.

Baca juga: Microsoft Teams dapat fitur walkie-talkie

Baca juga: Microsoft hentikan produksi Xbox One

Baca juga: Microsoft pekerjakan insinyur Apple rancang chip untuk servernya

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022