Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta timnas putri meniru semangat skuad Garuda dalam Piala AFF 2020.

"Timnas putra bertanding di Piala AFF 2020 setelah kompetisi sepak bola nasional berhenti selama sekitar 1,8 tahun karena pandemi COVID-19," kata  Iriawan dalam acara pelepasan timnas putri ke Piala Asia 2022 di Jakarta, Minggu malam.

"Ada yang bilang, satu tahun sepak bola berhenti sama dengan kehilangan satu generasi. Akan tetapi, dengan mental baja dan disiplin tinggi, mereka bisa memberikan Indonesia gelar runner up." 

Menurut dia, timnas putra tidak gentar terhadap lawan-lawannya dalam Piala AFF 2020 meski diisis para pemain muda dengan rata-rata usia 23,8 tahun atau salah satu yang termuda dalam kompetisi itu.

Iriawan meminta hal yang sama kepada timnas putri. Meski Australia, Thailand dan Filipina dalam Grup B, Garuda Pertiw  tidak boleh takut apalagi kalah sebelum bertanding karena tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola.

"Siapa yang menyangka Nadeo dapat mengeblok tendangan penalti di Piala AFF 2020. Bola itu bundar. Jadi kalian harus mempunyai daya tempur tinggi untuk memenangkan pertandingan," kata Iriawan.

Baca juga: Zahra Muzadalifah klaim segera susul Shalika berkarier di Eropa

Timnas putri Indonesia yang berkekuatan 23 pemain berangkat ke India Senin dini hari ini.

Piala Asia Putri 2022 berlangsung di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Indonesia masuk Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina yang ketiganya berpengalaman dalam Piala Asia Putri.

Termasuk edisi 2022, Australia sudah delapan kali tampil, sementara Thailand 17 kali dan Filipina 10 kali, sedangkan Indonesia lima kali.

Australia juga juara 2010, Thailand juara 1983 dan Filipina  tim peringkat keenam  2018. Sementara Indonesia, yang terakhir kali tampil pada Piala Asia Putri 1989, menjadi semifinalis 1977 dan 1986.

Pertandingan pertama Indonesia pada fase grup berlangsung 21 Januari melawan  Australia, kemudian 24 Januari melawan Thailand dan terrakhir Filipina tiga hari kemudian.

Baca juga: Indonesia bidik poin penuh dari Thailand-Filipina di Piala Asia Putri

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022