Jakarta (ANTARA) - Pada bulan September 2021, Xiaomi mulai merekrut penguji beta untuk “Mode Murni” yang ada di MIUI versi China. Namun, Xiaomi tidak memperbarui progres pengembangan "Mode Murni" hingga saat ini.

Awalnya mode tersebut dianggap dihapus, tetapi satu pengguna MIUI di China telah memperhatikan bahwa Xiaomi secara diam-diam meluncurkan fungsionalitas "Mode Murni" ke ponsel pintarnya pada 15 Januari 2022.

Singkatnya, “Mode Murni” di MIUI membantu menjaga keamanan online dengan mencegah pengguna mengunduh aplikasi berbahaya dari Internet.

Baca juga: Tujuh ponsel yang asyik untuk main game

Mode tersebut pada dasarnya serupa dengan “Pemeriksaan Keamanan” yang ditemukan di perangkat ColorOS dari Oppo, Realme, dan OnePlus.

Namun, satu perbedaan penting adalah bahwa implementasi ColorOS adalah untuk memindai aplikasi dari malware setelah instalasi, sedangkan implementasi MIUI lebih aman bagi pengguna akhir, di mana aplikasi diinstal setelah Xiaomi melakukan pemeriksaan latar belakang aplikasi.

Spesifik "Mode Murni" ada di menu sistem dan saat menggunakan "Mode Murni", terdapat empat fitur yang menjadi sorotan.

Pertama, deteksi virus, untuk mendeteksi apakah ada virus, trojan horse, atau malware yang tersembunyi di dalam aplikasi.

Deteksi Privasi, untuk mendeteksi jika aplikasi secara tidak sadar mengumpulkan data pribadi pengguna tanpa persetujuan.

Deteksi Kompatibilitas, untuk mendeteksi jika aplikasi kompatibel dengan telepon, maka aplikasi itu akan diinstal. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya crash atau bug.

Terakhir, peninjauan manual. Aplikasi yang diizinkan dalam Mode Murni akan ditinjau, dipasang, dan diuji secara manual oleh pengguna nyata untuk mengonfirmasi kompatibilitas dan keamanannya.

Mengenai cara mengaktifkan "Mode Murni" di MIUI, ada dua metode untuk melakukannya.

Metode pertama yakni setelah masuk ke penginstal aplikasi MIUI, di sudut kanan atas, ketuk "Pengaturan" lalu "Mode Murni", lalu ketuk tombol "Aktifkan Sekarang" untuk mengaktifkan Mode Murni.

Metode kedua yaitu saat menginstal aplikasi yang belum diperiksa oleh "Safe Mode", di popup instalasi yang berhasil setelahnya, pilih "Aktifkan Mode Murni" untuk melakukan pemeriksaan keamanan pada aplikasi.

Setelah Mode Murni dihidupkan, aplikasi yang belum ditinjau secara manual oleh Xiaomi akan menjalani tes keamanan manual untuk memastikannya memenuhi persyaratan yang diperlukan dari “Mode Murni”.

Jika aplikasi telah ditinjau dan dinyatakan aman oleh Xiaomi, pengguna dapat melanjutkan untuk menginstal aplikasi. Untuk aplikasi yang belum ditinjau atau dianggap berisiko oleh Xiaomi, pengguna tidak akan dapat menginstalnya.

Jika pengguna memercayai aplikasi yang belum ditinjau atau berisiko, pengguna dapat terus menginstalnya setelah Anda masuk ke “Pengaturan” > “Mode Murni” > “Otorisasi penginstalan ini”, untuk terus menginstal aplikasi Anda.

Jika pengguna ingin menonaktifkan "Mode Murni", maka langkah-langkah yang dilakukan yakni masuk ke penginstal aplikasi MIUI, di sudut kanan atas, ketuk “Pengaturan” > “Mode Murni”, lalu ketuk tombol “Matikan Sekarang” untuk menonaktifkan Mode Murni. Demikian dikutip Gizmochina.

Baca juga: Keamanan siber Jerman tak temukan fungsi sensor di ponsel Xiaomi

Baca juga: Intip bocoran Redmi Note 11S sebelum diluncurkan

Baca juga: Sony mau bangun perusahaan kendaraan listrik Mobility Inc

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022