konsep Makassar Resilient City untuk meng-tackle tiga isu perubahan iklim yaitu sea level rise (kenaikan air laut), extreme weather (cuaca ekstrim), dan high-carbon emission (emisi karbon yang tinggi).
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didaulat menjadi pembicara melalui virtual pada acara ASEAN City Leaders Dialogue 2022 bertema Finding Breakthrough and Stepping Up Climate Commitments Post COP-26 yang memaparkan tentang konsep adaptasi dengan mitigasi.

"Mitigasi dan Adaptasi adalah suatu program yang kami lakukan sejak dahulu di Kota Makassar untuk membuat sistem kota yang tangguh," ucap Ramdhan saat pemaparan konsep penataan kota melalui virtual, Senin.

Dihadapan kepala daerah se-ASEAN tersebut, pria akrab disapa Danny Pomanto ini menjelaskan, bahwa konsep Makassar Resilient City untuk meng-tackle tiga isu perubahan iklim yaitu sea level rise (kenaikan air laut), extreme weather (cuaca ekstrim), dan high-carbon emission (emisi karbon yang tinggi).

Selain itu, untuk sistem kota yang tangguh dengan cara Mitigasi dengan Reklamasi, Perlindungan pesisir laut, evacuation centre yang nanti akan diintegrasikan ke perencanaan stadium.
Suasana pertemuan virtual pada acara ASEAN City Leaders Dialogue 2022 bertema Finding Breakthrough and Stepping Up Climate Commitments Post COP-26, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/1/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Makassar.

Kemudian penyediaan tenaga relawan menghadapi bencana, bank sampah, waste to energy, kendaraan listrik (co’mo), koridor hijau kota hingga pelibatan publik.

Wali Kota Makassar dua periode ini pun memaparkan pentingnya pelibatan masyarakat yang aktif untuk membantu dalam mengurangi emisi karbon dimulai dari hal-hal kecil hingga menuju zero carbon emission.

"Act Together, Act Different, Act Now for the great Our ASEAN," tuturnya pria berlatar belakang arsitek iti menjelaskan diakhir pemaparan.
Baca juga: Wali Kota Makassar dukung produksi film "Badik The Movie"
Baca juga: Danny Pomanto wakili Indonesia di ajang Summit for Democracy
Baca juga: Wali Kota Makassar datangi rumah ABK yang disandera di Yaman



Hadir pula dalam acara tersebut melalui virtual diantaranya, Wali Kota Kuala Lumpur Datuk Seri Mahadi, Wali Kota Baquio Mr benjamin Magalong, Wali Kota Iriga Ms Madelaine Alfelor, dan Wali Kota Prik Mr Suriya Yeekhun.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022