Jakarta (ANTARA) - Film thriller aksi "Limbo" dinobatkan menjadi film terbaik tahun 2021 di Hong Kong. 

Dikutip dari Variety, Rabu, pemeran utama Cya Liu juga dinobatkan sebagai aktris terbaik untuk perannya sebagai seorang pecandu muda. 

Sebanyak 48 film yang dirilis pada tahun 2021 lalu dikabarkan memenuhi kritria masuk untuk penghargaan tersebut yang merupakan edisi ke-28 tahun ini.

Film "Limbo" sendiri diangkat berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh penulis Lei Mi dan disutradarai oleh Soi Cheang. "Limbo" diketahui berhasil mengalahkan "Drifting" yang merupakan sebuah drama tentang para tunawisma Hong Kong berdasarkan kisah nyata.

Sementara itu, naskah yang ditulis oleh Ho Ching-Yi dan Gordon Lam, yang juga produser serta bintang utama dari "Limbo" dianugrahi penghargaan skenario terbaik. Menurut kritikus, keduany berhasil untuk menceritakan realitas sedih masalah lansia dengan dark jokes yang hidup.

Di sisi lain, penghargaan sutradara terbaik diberikan kepada mendiang Benny Chan untuk film terakhirnya "Ragie Fire".

Menurut kritikus, saat Benny Chan membuat film yang mempertanyakan prinsip-prinsip keadilan dan moralitas dalam sistem kelembagaan yang dikompromikan, dia juga telah menetapkan standar baru untuk estetika film aksi dengan adegan tembak-menembak.

Baca juga: Alasan Angga Dwimas Sasongko gunakan senjata asli di film "Ben & Jody"

Baca juga: Kisah seru Angga Dwimas Sasongko garap film "Ben & Jody"

Baca juga: "Drive My Car", "Belle" masuk nominasi Japan Academy Film Prize 2022

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022