Coach Jend tentu sudah sangat memahami karakter seluruh pemain, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi. Kami berharap dia dapat mengangkat performa Persija menjadi lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Manajemen klub Persija menunjuk asisten pelatih Sudirman untuk menggantikan posisi Angelo Alessio sebagai pelatih kepala yang menangani skuad utama pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022, setelah klub mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Italia tersebut.

Dikutip dari keterangan Persija yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden Persija Mohamad Prapanca menyebut bahwa Sudirman, yang biasa disapa "coach" Jend, cocok melatih tim utama karena sudah sangat mengenal para pemainnya.

"Coach Jend tentu sudah sangat memahami karakter seluruh pemain, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi. Kami berharap dia dapat mengangkat performa Persija menjadi lebih baik," ujar Prapanca.

Baca juga: Persija akhiri kerja sama dengan Angelo Alessio

Sudirman tidak asing dengan jabatan pelatih kepala Persija. Bahkan saat mengemban posisi itu, tepatnya kala menggantikan pelatih Sergio Farias, pria berusia 52 tahun tersebut membawa skuad berjuluk "Macan Kemayoran" juara turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Catatan tersebut menambah alasan positif manajemen Persija untuk memercayakannya naik level sekali lagi.

Ditambah lagi Sudirman sudah memiliki lisensi pelatih A AFC sehingga secara administrasi tak bermasalah jika berkarier pada Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Sudirman pun menegaskan siap menjalankan tugasnya dan bertekad membawa Persija kembali ke papan atas klasemen.

Kapten timnas Indonesia tahun 1996 tersebut juga meminta anak-anak asuhnya untuk selalu bersama melalui semua rintangan.

Baca juga: Pelatih Persija: Marko Simic belum dalam kondisi terbaik

"Semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat. Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas," tutur Sudirman.

Sudirman akan menjalani debut sebagai pelatih kepala pada Liga 1 Indonesia 2021-2022 saat Persija melawan Persita pada laga pekan ke-21 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (26/1), mulai pukul 20.30 WIB.

Sebelumnya, Persija Jakarta mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Italia, Angelo Alessio menjelang laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2021-2022 mulai Rabu (19/1).

Manajemen menyatakan bahwa keputusan itu diambil karena skuad berjuluk Macan Kemayoran membutuhkan perubahan setelah terseok di putaran kedua Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Baca juga: Alessio minta pemain Persija tak disalahkan atas hasil tak memuaskan
Baca juga: Pelatih Persija Angelo Alessio sesalkan hasil imbang kontra Persela

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022