Kendari (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membagikan 3.169 kelambu antimalaria kepada para ibu hamil di daerah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari dr Maryam, Kamis, mengatakan sebanyak 3.169 kelambu antimalaria tersebut telah dibagikan sampai ke tingkat rukun tetangga (RT).

Ia mengatakan, kelambu yang dibagikan tersebut baru terhitung Januari sampai Maret 2011, sehingga pihaknya akan melanjutkan pembagian kelambu antimalaria secara gratis tersebut hingga akhir 2011 secara bertahap.

Menurutnya, target pembagian kelambu pada 2011 untuk 8.922 ibu hamil. "Kelambu yang dibagikan merupakan kelambu yang mengandung zat antimalaria, sehingga ibu dan bayinya yang lahir nanti akan terhindar dari penyakit malaria.

Kelambu tersebut, kata dia, merupakan bantuan dari Bank Dunia melalui Global Found. Lembaga ini membantu mencegah meluasnya penyakit malaria khususnya kepada ibu hamil.

"Tahun lalu, kita telah membagikan sebanyak 7.180 kelambu antimalaria," katanya.

Ia menjelaskan, penyerahan kelambu tersebut biasanya dilakukan di kantor lurah atau Posyandu, bersamaan dengan penyerahan intensif untuk kader kesehatan .  (ANT-299/E005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011