Jakarta (ANTARA) - Barcelona sudah habis kesabaran dengan Ousmane Dembele dan mengonfirmasi akan menjual sang pemain pada bursa transfer Januari, kata Direktur Klub Mateu Alemany.

Kontrak Dembele akan habis enam bulan lagi di Camp Nou. Beberapa bulan terakhir, Barcelona mengupayakan agar Dembele memperpanjang kontrak, bahkan Xavi menyebut sang winger sebagai sosok yang penting bagi skuadnya.

Namun sampai saat ini, Dembele masih enggan menandatangani kontrak baru di Barcelona. Agen Dembele, Moussa Sissoko, mengindikasikan bahwa kliennya itu sudah tidak ingin melanjutkan kariernya di klub Katalunya. 

Barcelona, diwakili Mateu Alemany, akhirnya memberikan kabar terbaru terkait masa depan pemain berusia 24 tahun itu. Dia mengatakan Dembele memang tidak mau memperpanjang kontraknya di Barcelona.

"Saya rasa situasinya kini sudah jelas. Dembele tidak mau melanjutkan kariernya di Barcelona," kata Alemany, seperti dikutip Daily Mail, Kamis.

"Dia tidak mau menjadi bagian dari proyek yang sedang kami bangun. Jadi kami harus berpisah."

Baca juga: Xavi akui Ousmane Dembele bisa tinggalkan Barcelona di Januari 
Baca juga: Bayern Muenchen dikabarkan ingin rekrut Ousmane Dembele dari Barcelona 


Alemany menyebut bahwa Barcelona tidak mau mempertahankan sang winger hingga kontraknya habis pada musim panas nanti. Alhasil, Barca mau tidak mau harus menjualnya pada bursa transfer kali ini.

"Kami meminta Dembele untuk segera pergi dari Barcelona. Kami yakin Ousmane sudah terjual sebelum tanggal 31 Januari nanti," ujar Alemany.

"Kami bilang kepada Ousmane dan agennya bahwa dia harus segera meninggalkan klub karena kami ingin setiap pemain berkomitmen pada proyek tersebut.”

“Kami memperkirakan transfer akan terjadi sebelum 31 Januari ini. Konsekuensi kebijakan kami adalah tidak ingin memiliki pemain yang tidak ingin berada di Barca.”

"Fakta bahwa dia tidak ada dalam daftar skuad (kontra Athletic Bilbao di Copa del Rey) adalah konsekuensi dari seluruh proses ini. Pelatih (Xavi) mendapat dukungan penuh dari kami,” pungkasnya.

Dembele bergabung dengan Barcelona dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer mencapai 140 juta euro pada 2017. Dia tercatat sebagai pembelian termahal kedua klub sepanjang sejarah setelah Philippe Coutinho, yang sekarang dipinjamkan ke Aston Villa.

Karier Dembele selama empat tahun di Barcelona tidak berjalan mulus karena sering terganggu oleh cedera.

Menurut kabar yang beredar, ada beberapa klub top Eropa yang berminat mendatangkan Ousmane Dembele. Manchester United, Juventus dan klub kaya baru Newcastle United ingin menjadikannya bagian dari lini serang mereka. 

Baca juga: Tiga pemain Barca dinyatakan positif COVID-19 
Baca juga: Operasi berjalan sukses, Ousmane Dembele kembali dalam empat bulan 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022