Jakarta (ANTARA) - Peruri siap mengarungi tahun 2022 dengan terus bertransformasi penuh memperluas portofolio bisnis dengan memberikan layanan solusi digital dengan pasar yang lebih kompetitif.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, sejalan dengan tema Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) "Accelerating Growth and Performance" atau mengakselerasi pertumbuhan kinerja Peruri dengan cara bertransformasi secara penuh sebagai fondasi dari model bisnis baru di era digital.

Transformasi tersebut akan mengubah wajah perusahaan yang tadinya hanya mengandalkan bisnis penugasan dari pemerintah untuk melakukan pencetakan uang Rupiah dan dokumen sekuriti milik negara.

"Hakikatnya Peruri tidak berganti bisnis tetapi justru memperkuat posisinya sebagai penjamin keaslian dalam bisnis printing, hybrid maupun digital. Fokus utama Peruri saat ini adalah meningkatkan operational excellence serta mengakselerasi transformasi digital sebagai modal Peruri membangun bisnis secara end-to-end," katanya.

Dalam Rapat Pembahasan Bersama (RPB) dengan Kementerian BUMN untuk membahas KPI perusahaan serta kesiapan menjalani bisnis sepanjang 2022, Dwina menjelaskan Peruri mengintegrasikan bisnis melalui pengembangan security features serta mengoptimalkan penggunaan material bahan kertas lokal sebagai upaya meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk membangun bisnis secara end-to-end.

Upaya-upaya itu bertujuan untuk menambah nilai dari setiap produk yang dihasilkan sehingga memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Di sisi lain, layanan digital sekuriti Peruri telah mendapatkan lisensi sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) / Certificate Authority dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai pondasi untuk memberikan layanan bisnis digital sekuriti.

Guna mendukung hal tersebut, Peruri pun telah mempersiapkan diri terutama di sisi sumber daya manusia.

Sejak 2021, seluruh karyawan Peruri telah dibekali dengan pengetahuan dan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kesiapan digital karyawan sebagai dasar perusahaan menjalani bisnis digital security.

Dj tengah pesatnya ekonomi digital sebagai kekuatan ekonomi baru perekonomian Indonesia, maka keaslian, autentikasi dan keamanan menjadi suatu keharusan untuk membangun ekonomi digital yang tangguh.

Dalam hal ini, Peruri berperan dalam penyediaan digital identity dan penjamin keaslian digital untuk memastikan keaslian dan integritas pelaku ekonomi digital.

Peruri memberikan keamanan bagi pihak yang bertransaksi di dunia digital dengan menyediakan layanan autentikasi dan penyediaan digital identity.

"Sebagai perusahaan penjamin keaslian terpercaya, Peruri saat ini mengambil posisi strategis sebagai secure gateway memasuki ekonomi digital Indonesia. Beberapa inisiatif, inovasi, riset dan pengembangan produk sedang dikembangkan antara lain dalam mendukung sistem pemerintahan digital (e-government) seperti meterai elektronik, digital land certificate dan prangko digital," kata Dwina.

Selain itu, Peruri juga mendukung layanan keuangan digital, seperti customer on boarding, online financial transaction, e-Policy dan sebagainya; food & sustainability solution, seperti agricultural supply chain, cattle monitoring, halal certification dan lainnya; serta travel & mobility solution, seperti e-passport.

Baca juga: Anak usaha Peruri dukung implementasi e-meterai di RKG

Baca juga: Sukses kenalkan produk digital, Peruri raih penghargaan Brand Strategy

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022