Masyarakat Kaltim itu sejak diumumkannya 26 Agustus 2019 oleh Bapak Presiden sudah mendukung penuh
Samarinda (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menegaskan masyarakat Kaltim mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tanpa merasa terganggu dan menolak kedatangan penduduk dari luar daerah.

"Masyarakat Kaltim itu sejak diumumkannya 26 Agustus 2019 oleh Bapak Presiden sudah mendukung penuh. Tidak ada masalah apalagi penolakan," kata Isran di Samarinda, Sabtu.

Isran menjelaskan bahwa penduduk asli Kaltim dari segi sejarah hanya sedikit, tidak sampai setengah dari jumlah seluruh penduduknya. Namun masyarakat Kaltim menerima saudara-saudara dari luar Kaltim dengan hidup berdampingan.

Baca juga: Gubernur bantah masyarakat Kaltim tolak IKN

"Yang banyak itu pendatang, terutama dari Pulau Jawa sebanyak 35 persen. Lalu disusul Sulawesi sekitar 20 persen. Sisanya itu termasuk penduduk aslinya, Dayak, Kutai dan Banjar. Tapi mereka sudah hidup bersama," bebernya.

Oleh sebab itu, dukungan terhadap rencana pembangunan IKN di rasa tidak ada masalah dan menurutnya apabila masyarakat Kaltim ingin dilibatkan adalah suatu hal yang wajar dan bukan untuk dipermasalahkan.

Baca juga: Gubernur Kaltim terima penghargaan dari Baznas

"Kalau perlu disesuaikan kapasitas masing-masing untuk melibatkan apa yang bisa dilakukan ya dilakukan," tuturnya.

Gubernur yakin, masyarakat Kaltim pasti akan menerima penduduk dari luar dengan baik karena budaya serta adat istiadat masyarakat setempat selalu menerima kedatangan siapapun.

"Apalagi yang datang tidak terlalu banyak, ya paling-paling satu sampai dua juta orang yang akan berada di kawasan IKN," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Kaltim sebut UU IKN akan disahkan awal tahun 2022

Mantan Bupati Kutai Timur itu menambahkan, IKN bukanlah lahan atau masyarakat, melainkan hutan tanaman industri atau lahan negara.

"Mungkin ada penduduk yang tinggal di kawasan sekitar, bukan di kawasan inti misalnya di Sepaku Semoi ada penduduk dari Jawa itu pasti akan dilakukan penataan, tidak mungkin diambil alih begitu saja," terangnya.

Oleh karena itu, dia menjamin pembangunan IKN akan aman termasuk tidak ada budaya-budaya yang dihilangkan.

"Saya sudah komunikasi dengan masyarakat setempat dan mereka memberikan dukungan penuh," tutupnya.

Baca juga: Gubernur resmikan operasional Mess Kaltim di Jakarta

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022