SDM menjadi komponen terpenting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bangsa Indonesia, apalagi seperti diketahui pada 2034 mayoritas warga Indonesia berusia muda atau di bawah 40 tahun
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan untuk mengubah strategi bangsa khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan tidak harus selalu mengandalkan sumber daya alam (SDA) saja, tetapi sumber daya manusianya yang harus menjadi andalan.

"SDM menjadi komponen terpenting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bangsa Indonesia, apalagi seperti diketahui pada 2034 mayoritas warga Indonesia berusia muda atau di bawah 40 tahun, maka dari itu, sejak saya menjabat Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan kualitas dan kompetensi SDM untuk membangkitkan bangsa ini," kata Erick usai memberikan bantuan kepada perawat dan bidan di Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu.

Menurut Erick, sejak awal menjabat dirinya mulai mengubah strategi penyaluran corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN yang awalnya programnya banyak tetapi nilainya kecil, mulai tahun lalu penyalurannya diprioritaskan kepada manusianya seperti bea siswa, pendampingan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan sebagainya.

Selain itu, ia memprioritaskan penyaluran CSR untuk program beasiswa anak Indonesia tujuannya untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, memiliki kemampuan dan berkompeten. Sebab, beberapa tahun ke depan mayoritas rakyat Indonesia berusia muda atau di bawah 40 tahun.

Sehingga, pihaknya sejak dini mempersiapkan SDM untuk bisa mengubah strategi bangsa agar mampu berkompetisi dengan negara lain bahkan harus menjadi yang terdepan. Maka dari itu, jika tidak diubah strateginya dari sekarang maka ke depannya bangsa ini akan semakin ketergantungan dengan SDA yang lama kelamaan jika terus digunakan untuk kebutuhan manusia maka akan habis.

"Jika kita tidak mendorong kebangkitan manusia Indonesia maka akan menjadi kendala ke depan, sebab yang paling dicari saat ini adalah SDM yang memiliki kemampuan dan berjiwa kompeten," tambahnya.

Di sisi lain, Erick mengatakan CSR yang diberikan berbagai perusahaan BUMN merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih seperti yang diberikan kepada para perawat, bidan dan tenaga kesehatan di Sukabumi yang telah berjuang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19.

Baca juga: BNI Berbagi salurkan bantuan untuk perawat dan bidan
Baca juga: Erick Thohir sebut transformasi PLN akan memetakan subsidi listrik
Baca juga: Erick Thohir: NFT hal positif dorong generasi muda jadi kreator

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022