Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melemah pada awal perdagangan Senin, dalam aksi jual di seluruh sektor tertekan oleh ekuitas penambang dan teknologi, karena investor menjaga sikap hati-hati menyusul penutupan yang lebih rendah di Nasdaq di tengah kekhawatiran inflasi dan pengetatan kebijakan oleh Federal AS.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia tergelincir 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 7.123,20 poin pada pukul 23.31 GMT. Indeks acuan mencapai level terendah sejak Mei lalu.

Semua indeks utama di Wall Street berakhir melemah tajam selama akhir pekan lalu karena saham Netflix terjun setelah laporan pendapatan yang lemah yang juga membebani para pesaingnya. Indeks Nasdaq yang sarat teknologi kehilangan 2,7 persen.

Investor sangat fokus pada pertemuan Fed minggu ini untuk kejelasan lebih lanjut tentang rencana bank sentral AS untuk memperketat kebijakan moneternya dalam beberapa bulan mendatang.

Kembali ke dalam negeri, saham sektor teknologi Australia merosot 2,5 persen mencapai level terendah dalam lebih dari delapan bulan, dengan EML Payments Ltd anjlok 3,4 persen ke level terendah sejak 24 November.

Indeks logam berat dan pertambangan, yang memimpin penurunan pada indeks acuan jatuh lebih dari 2,6 persen.

South32 Ltd terperosok 8,1 persen dalam sesi intraday terburuk sejak Maret 2020 setelah penambang yang terdiversifikasi itu memperingatkan potensi dampak terkait virus corona dari pembatasan tenaga kerja di proyek andalannya Illawarra di paruh kedua.

Regis Resources Ltd merupakan pencetak kerugian terbesar pada indeks acuan karena sahamnya terjun 15,7 persen, menjadi persentase kerugian satu hari terbesar sejak Maret 2015 setelah perusahaan memangkas prospek setahun penuhnya.

Penambang emas mengikuti dengan kehilangan 2,5 persen untuk mencatat sesi terburuk mereka sejak 6 Januari, terseret oleh Northern Star Resources Ltd yang merosot 3,1 persen.

Saham sektor energi terpangkas 1,4 persen terserat oleh harga minyak yang lemah, dengan produsen listrik Origin Energy Ltd kehilangan 2,8 persen.

Sektor keuangan juga jatuh 1,4 persen, mencapai level terendah sejak 2 Desember, terbebani oleh penurunan 1,6 persen di pemberi pinjaman utama Australia and New Zealand Banking Group.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru juga tergelincir 1,5 persen menjadi diperdagangkan di 12.157,3 poin. Perusahaan diagnostik kanker Pacific Edge Ltd berkinerja terburuk di bursa, anjlok 7,4 persen, mencapai titik terendah dalam delapan bulan.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022