Yalimo (ANTARA) - Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang menegaskan, personel TNI siap membantu Polri untuk mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Yalimo, Papua pada Rabu (26/1).

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol AB Situmeang dalam keterangan diterima ANTARA di Yalimo, Selasa, menegaskan bahwa TNI/Polri bersama Pemerintah Kabupaten Yalimo dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar pertemuan dengan komisioner Bawaslu RI Bidang Divisi Hukum dan Datin Fritz E. Siregar membahas kesiapan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Yalimo.

Dandim mengatakan, TNI siap membantu pihak kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan PSU ini hingga selesai.

Disebutkan Dandim, personel TNI telah tergelar di lima Distrik untuk mengamankan jalannya PSU.

"Kami juga sudah menyiapkan personel siap untuk digerakkan di Wamena dalam mengantisipasi situasi keamanan selama proses penyelenggaraan PSU di Kabupaten Yalimo ini. Kita berharap dengan kerjasama seluruh pihak di lapangan, pelaksanaan PSU ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tegas. Dandim.
​​​​​​
Rapat koordinasi Forkompinda, Bawaslu dan Pj Bupati Yalimo Dr Ribka Haluk, perwakilan Bawaslu Provinsi Jamaluddin L. Rua, Ketua Bawaslu Yalimo Habakuk Mabel dan Komisoner Bawaslu Yalimo Yohanes Dogopia pada Senin (24/1).

Dalam pertemuan tersebut Staf Bawaslu RI Bidang Div Hukum dan Datin Bawaslu RI Fritz E. Siregar meminta kepada aparat TNI/Polri untuk dapat melaksanakan pengamanan kepada Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan PSU di Kabupaten Yalimo.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim dan Kapolres yang sudah siap dengan personelnya untuk mengamankan pelaksanaan PSU ini. Kita berharap agar pelaksanaan PSU ini dapat berjalan dengan aman dan tertib,” kata Fritz Edwar Siregar.

Setelah pertemuan rapat koordinasi Dandim 1702/Jayawijaya bersama Pj Bupati Kabupaten Yalimo Ribka Haluk dan Kapolres Yalimo AKBP Napitupulu melaksanakan pengecekan kesiapan PSU di Distrik Elelim dan Distrik Abenaho serta melaksanakan pengecekan logistik.

Dan mengecek perangkat PSU dan aparat keamanan di Distrik Elelim dan direncanakan pengecekan kesiapan PSU ke Distrik Welarek dan Distrik Benawa dengan menggunakan angkutan udara.

Pada PSU Pilkada Yalimo 26 Januari 2022 diikuti dua pasangan bupati/wakil bupati yakni Paslon No 1 Lakius Peyob-Nahum Mabel dan Paslon 2 Nahow Nekwek-John Wilil

Baca juga: Babak baru pilkada ulang di Yalimo
Baca juga: Pilkada Yalimo pembelajaran hukum dan demokrasi

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022