..filantropis dunia dapat membantu upaya akselerasi program pengembangan koperasi dan UMKM yang sedang digenjot pemerintah..
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut dukungan para filantropis dunia seperti Bill Gates dan The Rockefeller Foundation yang berencana datang ke Indonesia dengan tujuan antara lain membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pertemuan itu diagendakan pada April 2022 di Bali sebagai bagian dari rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di pulau tersebut.

“Para filantropis dunia dapat membantu upaya akselerasi program pengembangan koperasi dan UMKM yang sedang digenjot pemerintah saat ini dari digitalisasi UMKM, pemerataan akses pembiayaan modal, akses pemasaran, hingga akses ke rantai pasok global,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Seperti diketahui, pada Rabu (19/1), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyatakan Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan para tokoh filantropis dunia di Bali.
Baca juga: Gernas BBI dorong 9,2 juta UMKM masuk ekosistem "online"

Presiden Joko Widodo yang disebut berkenan hadir dianggap sebagai bentuk pengukuhan perhatian pemerintah yang kuat atas pengembangan UMKM di Indonesia.

Dukungan para filantropis terkemuka terhadap potensi UMKM karena dianggap sektor tersebut memiliki potensi yang besar.

“Karena itu, dukungan tersebut dapat mempercepat UMKM Indonesia berkembang dan semakin kuat dalam ekosistem ekonomi global,” ungkap Menkop UKM.
Baca juga: Menteri BUMN dorong UMKM, tingkatkan perekonomian nasional

Dengan kekuatan jaringan yang dimiliki oleh para filantropis, ucapnya, peluang UMKM Indonesia untuk bangkit bahkan mendunia semakin terbuka.

“Saya berharap bantuan mereka akan membantu ekosistem UMKM hingga menjadi pemain global,” kata dia.

UMKM Indonesia dianggap sudah siap mengembangkan ekosistem usaha yang inklusif, ramah lingkungan, dan mendukung pemberdayaan perempuan sebagai solusi menghadapi tantangan dunia saat ini sebagaimana target Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang menjadi agenda Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga: Teten: UMKM akan jadi bagian rantai pasok industri nasional

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022