Seorang yang terpapar COVID-19 itu merupakan jamaah umrah travel Ameera Makkah. Berangkat ke Tanah Suci pada 10 Januari 2022 dan kembali ke Tanah Air pada 21 Januari 2022
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau menyatakan bahwa sebanyak 221 jamaah umrah Riau sudah kembali ke Tanah Air di mana satu terpapar COVID-19 dan sedang menjalani masa karantina/isolasi di Wisma Atlet Jakarta sejak 21 Januari 2022.

"Seorang yang terpapar COVID-19 itu merupakan jamaah umrah travel Ameera Makkah. Berangkat ke Tanah Suci pada 10 Januari 2022 dan kembali ke Tanah Air pada 21 Januari 2022," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Riau, Drs H Syahruddin, M Sy di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 221 orang jamaah umrah Riau semuanya sudah kembali ke Tanah Air. Mereka berangkat melalui travel PT Samira Ali, PT Ameera Makkah dan PT Bimalindo Hajar Aswad.

Sebelum pulang ke daerah masing- masing semua jamaah umrah itu dikarantina di Jakarta selama tujuh hari.

Berdasarkan laporan dari pengurus travel Ameera Makkah bernama Lola, katanya, jamaah umrah mendarat di Jakarta pada 21 Januari 2022, di mana seorang jamaah Ameera Makkah dari Dumai positif COVID-19 dan sedang menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta.

Sedangkan lama isolasi yakni 10 - 14 hari dan dua hari sekali dites usap PCR sampai hasilnya negatif. Sementara untuk yang negatif, juga menjalani karantina selama tujuh hari di Hotel Holiday Jakarta sebelum kembali ke daerah asal masing-masing.

Ia berharap, pelaksanaan umrah dapat terus berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan travel umrah atau biro perjalanan umrah juga tetap menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

Sebanyak 221 jamaah umrah Riau itu bagian dari 431 total jamaah Riau yang telah berangkat selama Januari 2022, demikian Syahruddin.

Baca juga: Kemenag hentikan sementara pengiriman jamaah umrah

Baca juga: Kemenag sebut jamaah umrah positif COVID-19 ditangani pihak Saudi

Baca juga: 25 calon jamaah umrah perdana asal Riau diberangkatkan ke Makkah

Baca juga: Petugas penyedia layanan umrah positif COVID-19 sepulang dari Saudi

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022