Jika saya terpilih menjadi Ketua APTISI Wilayah IX, maka iuran wajib anggota akan dihapus
Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Dr H Basri Modding MSi, menyatakan siap maju menjadi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX-A pada Musyawarah Wilayah (Muswil) VI asosiasi tersebut di Makassar, pada 30 Januari 2022.

Keputusan ini disampaikan usai menerima kunjungan beberapa pimpinan PTS yang mendorong dan meminta kesediaan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini, untuk maju pada pemilihan Ketua APTISI di Makassar, Kamis.

Basri Modding menyampaikan PTS saat ini menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai PT unggul, antara lain layanan pembelajaran berbasis digital, menyiapkan SDM unggul, profesional dan berkarakter serta menjadi PTS unggul.

Pada era globalisasi saat ini, kata dia, kemajuan teknologi informasi dan digital menjadi salah satu upaya transformasi perguruan tinggi dalam meningkatkan lulusan generasi abad 21, sebagai SDM unggul dan siap berkompetisi dengan era global.

"Jika saya terpilih menjadi Ketua APTISI Wilayah IX, maka iuran wajib anggota akan dihapus," katanya.

Dukungan kepada Basri Modding sebagai calon kuat Ketua APTISI Wilayah IX  Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara ​​​​​​​(Sultan Batara), bukan tanpa alasan. Dalam kepemimpinannya, UMI telah menorehkan berbagai prestasi.

Prestasi tertinggi terbaru adalah secara akademik membawah UMI meraih Akreditasi Unggul yang merupakan perguruan tinggi pertama di luar Jawa yang meraih akreditasi paling prestisius dalam standar akademik dan perguruan tinggi ke-11 meraih Akreditasi ‘Unggul’ dari 2770 perguruan tinggi se-Indonesia.

Selain itu, UMI juga mendapat penghargaan sebagai PTS berkinerja terbaik 2021 di lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLdikti) IX Sultan Batara dan merupakan tahun kedua UMI ditetapkan sebagai kampus berkinerja terbaik.

Basri Modding dikenal sangat demokratis dalam menjalankan kepemimpinannya. Semua kebijakan strategis diambil lewat mekanisme musyawarah bersama seluruh pihak terkait. Ia selalu melibatkan pihak terkait untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, UMI merupakan PTS terbaik dan unggul di luar Pulau Jawa, dan menjadi contoh bagi PTS lainnya khususnya dalam lingkup Wil.IX.

Selain itu, sosoknya sangat terbuka dalam menjalin kemitraan untuk memberikan dukungan kepada PT yang selama ini menjalin kerja sama dengan UMI. Selain itu, torehan prestasi prestasi dan unggul yang diraih UMI tidak lepas dari komitmennya.

Ini juga yang menjadi alasan beberapa pimpinan PTS memintanya untuk maju sebagai Ketua APTISI, termasuk pengalaman dalam memimpin UMI sebagai PTS terbaik di Luar Pulau Jawa dan dari berbagai aspek, sehingga telah memenuhi syarat dalam pengembangan organisasi APTISI ke depan.

Baca juga: LLDikti IX dorong UMI-Makassar raih akreditasi internasional

Baca juga: Mulai 2021/2022, UMI Makassar buka kelas internasional

Baca juga: Rektor sebut ANTARA dekatkan UMI dengan dunia internasional

Baca juga: Mahasiswa UMI wakili Indonesia pada ajang internasional di Jerman

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022