Jakarta (ANTARA News) - Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 6 Jakarta yang diwakili oleh Syaukani Ichsan meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan atas kekisruhan yang terjadi dengan wartawan pada Senin (19/9).

"Saya mewakili dari semua siswa SMAN 6 Jakarta meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan, sekiranya ada perilaku yang kurang berkenan. Saya berharap dapat contoh keteladanan yang nyata dari kakak semua," kata siswa kelas XII SMAN 6 Jakarta disela-sela proses negoisasi antara SMAN 6 Jakarta dan sejumlah wartawan di Dewan Pers, Jakarta, Jumat.

Pertemuan yang digelar oleh Dewan Pers itu untuk melakukan musyawarah terkait dengan perampasan kaset milik wartawan Trans7, Oktaviardi, pada Jumat (16/9) juga kekisruhan antara siswa SMAN 6 Jakarta dan wartawan pada Senin (19/9).

Hasil dari pertemuan yang berlangsung sekitar 3 jam itu sepakat untuk menempuh perdamaian dan saling memaafkan. Selain itu, ada beberapa poin hasil kesepakatan yang sudah disetujui kedua belah pihak.

Selain mencapai kesepakatan, pada acara mediasi tersebut juga ada wacana agar siswa SMAN 6 Jakarta mendapat pendidikan jurnalistik dari rekan-rekan wartawan.

"Pada prinsipnya kami jelas menyepakati kesepakatan yang dibuat teman-teman wartawan, mari mulai lembaran baru. Rekan-rekan wartawan juga bisa memberikan pendidikan jurnalistik kepada siswa kami karena kami melihat dunia media itu sungguh luar biasa," kata Kuasa Hukum SMAN 6 Jakarta, Tri Adhiyaksa.

Kekisruhan antara siswa SMAN 6 Jakarta dan wartawan pada Senin (19/9) terjadi saat para wartawan menunggu proses negosiasi kejadian perampasan kaset dan pemukulan terhadap wartawan Trans7 yang terjadi pada Jumat (16/9).

Lima wartawan yang menjadi korban dalam bentrok tersebut yaitu, Yudistiro Pranoto (fotografer Seputar Indonesia), Panca Syurkani (fotografer Media Indonesia), Septiawan (fotografer Sinar Harapan), Doni (Trans TV), dan Banar Fil Ardir (fotografer Kompas.com).

Pada acara mediasi itu, pihak SMAN 6 Jakarta diwakili Kepala Sekolah Kadarwati Mardiutama dan wartawan diwakili oleh Ketua Pewarta Foto Indonesia Jerry Adiguna. Selain itu hadir juga perwakilan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Poros Wartawan Jakarta, Komite Sekolah SMAN 6 Jakarta, dan sejumlah wartawan.
(T.SDP-06)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011